Adsense Plugins for WordPress

Bicara mengenai isu memang tak ada habisnya. Terlebih bila mencatut nama Google Adsense di dalamnya. Misalkan saja isu mengenai dukungan penyedia blog WordPress.com terkait munculnya iklan Adsense di dalamnya.

Pastinya pemberitahuan berikut bisa saja membuat penggunanya meringis. Hingga tulisan ini dibuat, pihak pengembang belum secara resmi mendukung keberadaan iklan dari Google Adsense kepada setiap angggotanya. Mengenai kemunculan iklan Adsense pada beberapa blog di wordpress.com, ini ditengarai sebagai uji coba semata. Pihak pengembangnya melalui pemberitahuan resminya, menegaskan akan isu ini.

Masih diambil dari sumber yang sama, pihaknya tak menutup kemungkinan akan ada dukungan pada iklan Adsense di kelak kemudian hari. Tentunya, diperlukan kegiatan mengupgrade keanggotaanya agar mereka bisa mengaktifkan fitur ini.

Fitur ini sebenarnya sudah disediakan melalui plugin yang bisa dipasangkan di mesin wordpress. Adalah plugin yang diberi aran MightyAdsense 4.1 yang dirilis oleh mightyhitter. Bila plugin ini sudah terinstall dalam direktori wp-content/plugins, kita bisa saja diberi opsi untuk mengatur penampilan iklan adsense di blog yang dikelola. Sayangnya untuk menginstall plugin ini akan lebih mudah dilakukan untuk mereka yang memiliki hosting sendiri.

Lalu bagaimana untuk mereka yang menggantungkan kegiatan bloggingnya dengan fasilitas gratisan?

yang biasanya menyediakan hosting dalam satu paketnya minus dukungan mengakses direktori wp-content/plugins?

Ini juga sulit dilakukan. Sebut saja penyedia lain (tak berbayar) yang juga menggunakan tenaga wordpress untuk menjalankan layanan blognya : blogsome. Di blogsome kita tak akan menemui plugins ini. Lalu bagaimana dengan penyedia lokal? dagdigdug misalnya. Masih setali tiga uang dengan blogsome, mereka juga tak menyediakan plugins ini di dalamnya. Tapi tunggu, ada satu layanan lokal yang kini langsung muncul dengan dukungan plugin ini.

Indoweblog namanya. Beralamat di http://www.indoweblog.com, bagi anggotanya yang memiliki blog dengan format http://(namablog).indoweblog.com, bisa menemui plugin ini dibagian Manage – Plugins. Gulung ke bawah untuk melihat semua plugin yang tersedia, niscaya di bagian tengah bisa kita temui teks bertuliskan “MightyAdsense 4.1”. Dengan deskripsi “Keep your adsense code & output it in posts”, kita akan menemui pilihan untuk mengaktifkan akun Adsense. Jadi jangan heran bila saat memilih theme di layanan ini, beberapa theme telah menyertakan kode iklan adsense di dalamnya. Tentunya iklan adsense yang ada di sini adalah kode adsense dengan kepemilikan akun milik pencipta themenya. Untuk menggantinya, kita memerlukan nomer ID akun adsense, dan menyetelnya di bagian Presentation – Widget. Tarik widgets Google Adsense ke bagian Sidebar, lalu klik sekali widget yang baru saja ditambahkan untuk membuka jendela penyetelan ID Google Adsense.

Wah, makin banyak blog yang bisa dioptimalkan untuk meraup dollar dari Adsense dong ya?

2 pemikiran pada “Adsense Plugins for WordPress

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s