Google Weblogs

Semakin banyak yang kangen dengan tampilan blog di blogspot yang bisa dikustom lebih jauh. Pertanyaan yang sering diajukan adalah “Bisakah blogspot menerima penyetelan postingan dengan kategori tertentu saja yang bisa ditayangkan di halaman muka, sedangkan postingan dengan kategori lain disembunyikan dengan link kategori saja?”, ada juga “Bisakah kita mengurutkan urutan postingan menjadi terbalik, dimana postingan baru dimunculkan di halaman paling belakang?”, atau juga “Bagaimana postingan dengan kategori yang kita tentukan menjadi sebuah link-link yang tertata rapi dibagian sidebar?”

Akan menjadi pertanyaan yang sulit dijawab saat ini. Nyatanya tak ada fitur langsung jadi yang bisa menjawab keinginan diatas. Mungkin saja pertanyaan itu terilhami dengan fitur di WordPress yang memperbolehkan pengaturan kategori tertentu di halaman muka. Atau siapa tahu memang kebutuhan pemilik blog begitu menuntut teknologi baru yang semakin unik dan selalu baru?

Coba apa reaksi Google dengan demand seperti ini? Beberapa hari lalu Google mengabarkan sedang mengembangkan layanan blog terbaru yang jelas berbeda dengan Blogger.com yang dibelinya dari Pyra labs di tahun 2002. Simak tawarannya yang akan membawa aran Google Weblogs atau GWeblogs atau juga Gblogs (jangan salah baca jadi goblog ya :D).

– Tak mesti diurut berdasarkan urutan tanggal, karena secara otomatis layanan ini akan menampilkan postingan paling ramai di bagian atas blog.
– Tak perlu bingung menambahkan sidebar tambahan, karena secara otomatis (lagi) mereka akan menggabungkan postingan yang relevan dalam sidebar tersendiri.
– Tak perlu merisaukan Page Ranking, secara otomatis (lagi) mereka membenamkannya ke pencarian Google agar lebih mudah terlihat pengunjung.
– Tak perlu bingung ingin pasang gambar apa dibagian header, mereka akan secara otomatis (lagi lagi nih…) menampilkan gambar segar setiap kali ada even tertentu (seperti halnya saat kita lihat gambar bunga di mesin pencari google saat valentine ya?)

Bagaimana? puas? Tentu belum bila belum melihat contohnya kan?, sabar ya, bila mereka telah mengabarkan hal ini artinya sudah ada versi beta yang sedang diujikan. Tinggal kita tunggu saja gebrakan mereka.



Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

25 pemikiran pada “Google Weblogs

  1. Pertamax,…eke siap menunggu Juragan! Hehehehe. Untuk blogger keknya saat ini pilihannya bikin blog baru trus diredirect ke label tertentu dari blog baru ntu. Btw, makasih buanyak bantuan, saran,masukan, etc….

    Suka

  2. Info yang bagus, kita mesti tunggu nih kapan bisa pakai Google Weblog. Tapi nasib blogspot kita bagaimana ya Mas, apakah harus dipindah seperti waktu kita pakai template lama pindah ke template yang baru?

    Saya dengar isu2 dari teman blogger lain (benar/tidak sy tdk tahu) katanya blogspot memang awalnya tidak didesain sebagai blog seperti wodpress misalnya. Karena pada awlanya google adalah sebuah Search Engine. Kawan saya juga bila sebagai bukti pada saat kita memberi komentar di blogspot lebih sulit dibandingakan di wordpress.

    Suka

  3. Kalau gini caranya microsoft bisa semakin ketinggalan nih sama google, khususnya di dunia internetan ini..!! Konon persaingan micosoft dan google semakin ketat…orang-orang microsoft banyak yang pindah ke google, karena bayaranya lebih besar di bandingkan di Microsoft..!! he..he..Sekarang aja Firefox lebih banyak di pakai orang ketimbang Internet Explorer

    Suka

  4. Setuju Ruhe, moga saja bisa segera kita gunakan teknologi barunya….dan terima kasih pula untuk kunjungannya ke edittag πŸ™‚

    Iya nih Mas Tony, moga makin membanggakan ya….

    Widget di draft masih jarang yang dipakai nih Mas Dedi, kurang digalakini kali ya πŸ™‚

    Pro sugiri, ada kemungkinan memang dibedakan, tapi siapa tahu bisa diimport agar bisa digabungkan.
    Menurut saya, yang dilakukan Pyra Lab menjadi tonggak sebuah layanan blog (mesti bila dibandingkan saat ini memang masih terbatas fiturnya…)
    Sedangkan untuk komentar, memang blogger terkesan lebih repot, dan lebih mudah terindikasi spam nih bila dilepas, tapi memang bukan alasan ini yang menjadinya tak pantas menyandang layanan blog. teknologi 2.0 yang dianutnya masih pas untuk blog saat ini.

    Suka

  5. Kalo Free sepertinya Iya, namun kalo jaminan ga diblokir, mikir2 nih, kayaknya sih ga ada yg gratis dan bebas blokir πŸ™‚

    Suka

  6. bagi yang suka nge blog… tambah ayem dah.. tapi jadi bingung pilih mana.. blogger atau goblok.. eh.. gblog..
    suatu saat kejenuhan ngeblog.. pasti akan terasah plong jika di transfer ke arah domain sendiri…. πŸ˜€

    Suka

  7. betul nih, makin byk pilihan bikin betah ngeblog ya kang unattended

    waduh..aku ga transfer ke domain sendiri….jadi ga bisa dibilang plong dong ya 😦

    Suka

  8. iya aku juga… mas enaknnya apa tetap bertahan di blogger apa di .com ya…. banyak teman nyaranin ke .com aja… kan jadi ada pengeluaran… sedangkan pendapatan masih naik turun gimana kakak pertama…?!?

    Suka

  9. pro admin : ongkos sewa domain sebenernya terhitung murah, sekitar rp.80-90 ribuan. artinya dalam sehari kita hanya keluarkan dana sekitar rp 250 perak. ini terhitung murah kan.
    jadi kalo pertimbangan uang sepertinya akan mudah dijawab, namun edittag tetap menggunakan subdomain dari blogspot bukan karena pertimbangan biaya.
    jadi silakan saja menggunakan domain sendiri agar lebih personal. mungkin pertimbangan keunikan nama akan lebih cocok.

    pro feri : iya nih, semoga saja, dengan membawa aran google, pasti akan menjanjikan perbaikan yang lebih baik dair pesaingnya…amin…

    Suka

  10. bingung karena banyak pilihan kayaknya masih lebih baik ya daripada bingung karena tak ada pilihan sama sekali…..
    nah kalo alamat belum ada rilis nih akan punya aran seperti apa….kalo gblog cocok kali ya πŸ™‚

    Suka

  11. Wah bagus sekali tu, jadi kita bisa bikin blog yang lebih keren. Saya sendiri sih baru pemula dan masih masih harus belajar banyak. Saya ingin penghasilan tambahan dari bisnis online, ada saran gak?

    Suka

  12. saya udah coba pake custom domain di blogspot, mudah2an dalam waktu dekat fitur2 barunya jg bisa dicoba, hehe ..

    oiya, tukeran link dong…

    saya sudah pasang di 2 tempat, harap di-link back ya! =)

    1/ lowongankerja87.com >> harap link dgn text “lowongan kerja baru”

    *pake blogspot hosting nih*

    2/ uangpanas.com >> harap dilink dgn text “lowongan kerja sambilan”

    ditunggu banget link balasannya. Makasih =)

    Suka

  13. pro rizky : selamat bergabung di dunia blog. Tambahan dari bisnis online? masih banyak nih mas, bisa baca-baca disini untuk melihat peluangnya, atau juga bisa baca buku saya “meraup dollar kewat blog” πŸ˜€

    pro admin : terima kasih linkya, tapi maaf nih, tak bisa mengikuti keinginan, karena bisa konflik dengan web/blog lain yang sama-sama ingin diberi nama “lowongan kerja”, jadi saya hanya ambil nama domain/sub domain saja….semoga berkenan…

    Suka

  14. ok, gpp, makasih =)

    * kalau bisa jgn lowongankerja87, tapi lowongan kerja 87 (dipisah2 biar keywordnya kena, hehe)

    salam kenal

    Suka

  15. setahuku tulisan itu memang sengaja dipasangkan oleh adsense untuk menipiskan kemungkinan clickfraud, jadi kalo pun memang ada cara untuk menyembunyikannya, jelas ini bisa dengan mudah dianggap melanggar ketentuan, karena memang tak diijinkan untuk mengapit atau memodifikasi kode bawaan adsense dengan kode lainnya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s