Blogger : Help Channel on Youtube

Kini lembar halaman bantuan blogger siap-siap dilengkapi dengan media baru. Media apakah itu? tentunya media yang bisa membantu melancarkan urusan pihak Blogger.com membantu penggunanya saat menemui kesulitan.

Namun dalam bentuk seperti apa kiranya media ini dimunculkan? sabar, tak lama lagi, urusan membuat blog, hingga urusan pelik mengarahkan nama domain sendiri ke blog di blogger.com tak lagi berupa panduan yang dipenuhi teks monoton yang panjang dan membosankan.

Dengan bantuan Youtube, pihak blogger.com telah membuat direktori khusus yang memajang video tutorialnya. Asyiknya, direktori ini bersifat terbuka untuk umum. Artinya siapa saja bisa mengaksesnya. Beralamat di youtube.com/bloggerhelp, pengguna blogger maupun calon penggunanya bisa dengan mudah memahami alur yang diperlukan sebelum mempraktekannya.

Tentu akan sangat membantu bagi pemula yang ingin memulai memiliki blog. Tak sekedar dijanjikan kata-kata “3 langkah mudah memiliki blog”, penayangkan tutorial dalam bentuk video tentu akan lebih mudah mempengaruhi tindakannya bahwa ngeblog itu mudah. Bila ini dibawa ke pelatihan blog, akan sangat efektif baik bagi peserta dan juga pemateri dalam penyerapan materi. Ya, materi video memang punya kemampuan mempengaruhi pikiran dan tindakan dengan lebih cepat.

Sebuah dukungan yang sangat membantu memahami dengan lebih mudah kan? abaikan permasalahan koneksi internet yang menghambat akses video tutorial ini. Nantinya infrastruktur teknologi tentu akan lebih mendukung upaya yang lebih efektif dalam penyampaian sebuah pesan. Jadi sudahkah kita siap membuat tutorial blog dalam bentuk bahasa Indonesia? atau paling tidak membiasakan diri mempergunakan media video sebagai media pembelajaran alternatif?



Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

7 pemikiran pada “Blogger : Help Channel on Youtube

  1. kalo soal video, nanti saat tiba saatnya, kita ga bakalan repot untuk mengaksesnya, sedangkan kendala bahasa mungkin malah ada pihak lain nih yang lebih mudah memahami perintah komputer dalam bahasa indonesia….

    Suka

  2. Video memang sangat membantu dalam penyampaian berita tapi menjadi kendala bila jaringan internet yang digunakan “lemot” nggak bisa paham malah jengkel he he

    Suka

  3. Pak Agus mohon maaf bila komentarnya kurang sesuai, sy ada pertanyaan; tiap kali mau posting selalu tdk bisa ada pesan error spt ini Your HTML cannot be accepted: Tag is not allowed: . Padahal sy tidak pernah merubah kode apapun, akhirnya blog sy (blogspot) jadi tidak pernah nambah posting. Kalau dipaksakan memang bisa dgn menceklis “stop showing title or body HTML errors for this post” tp hasil posting hurufnya jadi besar2. Mohon pencerahan ya pak, terima kasih atas bantuannya.

    Suka

  4. dengan asumsi tak pernah mengganti kode apapun dari layout blognya, saya kira ini masalah di editor postingnya. masalah ini bisa jadi karena loading editor panelnya lambat, atau juga karena mengisi posting dari hasil paste dari word atau aplikasi lain.
    boleh tahu blog mana yang dimaksud bermasalah ini? http://bioalami.blogspot.com kah?

    Suka

  5. Benar pak blog tsb, sy memang mengisinya paste dari word karena alasan biaya koneksi, tp kemarin pernah di coba langsung dari blogger jg hasilnya sama pak.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s