Blogger : Automagically Use rel="nofollow" on Comment

Menautkan link blog/website pada suatu kata/suku kata dalam postingan punya imbas positif dalam mendongkrak PageRank. Manfaat ini tak sekedar berlaku untuk link eksternal ke suatu blog/website, link internal dengan menautkan postingan pribadi juga punya implikasi yang sama. Lalu mudah ditebak, dengan pengaruh yang cukup kuat ini, kita bisa dengan mudah mengenali tujuan tertentu saat sebuah program di internet berani membayar cukup lumayan untuk blog yang menautkan link tertentu ke dalam sebuah postingan. Tak tanggung-tanggung, mereka terkadang memaksa penulisnya untuk menyebutkan linknya dalam jumlah tertentu untuk sebuah postingan yang dibayar!

Dengan begitu kita setuju untuk memahami kegunaan link dalam sebuah postingan. Memahami bahwa sebuah postingan secara integral juga menyediakan fitur pemberian komentar, pola ini kemudian dianggap mampu merangkul manfaat yang sama bila sebuah link juga ditautkan dalam bagian komentar. Namun apakah benar demikian?

Bagi yang ingin promosi gratis, cara ini memang jelas lebih irit ongkos. Tak perlu mereka menggelontorkan uang untuk sekedar membayar seperti kondisi diatas. Penggiat spam akhirnya banyak menggunakan celah ini. Tentu banyak kita temui kasus-kasus yang serupa dialami rekan blogger, dimana spam membanjiri suatu postingan secara bertubi-tubi. Memberangus aksi spam memang tergolong merepotkan. Dengan ditautkannya link beruntun pada sebuah komentar, para spammer juga berharap agar nilai blognya ikut terangkat dengan cara-cara ini.

Tapi sepertinya harapan demikian sudah bisa diantisipasi pihak Blogger.com. Setiap link yang berada dalam lingkungan komentar, akan secara otomatis dilengkapi dengan kode perintah rel=”nofollow”. Dengan sentuhan sintak HTML ini, setiap link yang ada didalamnya akan terlempar dari kemungkinan melonjaknya nilai PageRank.

Lalu apa tindakan yang perlu diambil bila ada link yang ada dalam komentar blog di layanan Blogger.com? Mudah saja. Kita akan dengan cepat menyimpulkan ini adalah sebuah komentar spam bila pesan didalamnya mengandung banyak link yang tak berguna. Langsung hapus saja bila pesan seperti ini ditemukan. Lalu bagaimana bila hanya berupa sebuah pesan berikut link ke blog lain untuk keperluan tukar link (link exchange), biarkan saja pesan ini terpampang. Tak perlu repot membuangnya. Toh, ini punya kepentingan beda. Jadi jangan lekas menyangka tindakan ini punya motif tersembunyi untuk turut menaikkan nila PageRank loh ya…..



Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

16 pemikiran pada “Blogger : Automagically Use rel="nofollow" on Comment

  1. oh ya? saya baru tahu loh. berarti sekarang meninggalkan komentar untuk mendapatkan link dari blogspot sudah tidak valid lagi yach. kecuali kita hendak mengubahnya secara manual di edit html dan mengganti tag “no follow” menjadi “follow”. thanks for the great info.

    Suka

  2. Kalau mas Herry sendiri pakai nofollow atau follow..? kalau follow aku mau ninggalin link ah biar pageranksnya naik..!! mampir ya ke blog ku info baru Terima kasih kang..!!

    Suka

  3. Komentar di blog orang menurut saya memang blog tersebut layak untuk dikomentari, kadang-kadang saya juga dapat komentar yang mencantumkan 4 link lebih, untuk ada Askimet di WP.

    Terima kasih infonya mas…. Mau berkunjung dan tinggalkan pesan di blog-ku …. πŸ˜€

    Suka

  4. mm.. kl dipikir2 saya jd ndak terlalu bernapsu ttg pagerank. keuntungan secara finansial apa ya.. ya krn saya merasa isi blognya biasa aja, hehehe..

    kalo blog tutorial ini mmg PR-nya layak tinggi sehingga memudahkan pencarian artikel yg dibutuhkan. salut!!

    Suka

  5. pro kamusbahasa : itu setelan otomatis, jadi tetap akan di rel nofollow setiap link yang ada di komentar, dan sepertinya kode rel itu tak bisa ditambahkan ke dalam komentar secara manual.

    pro eko : nah kalo aku tak menggunakan rel nofollow, dengan pertimbangan diatas.

    pro catatanlasya : coba kalo ada askimet juga di blogspot ya…aku nanti aku mampir ya ke blognya…

    pro lady : jangan abaikan kemungkinan finansial hanya karena punya PR 4 lebih, jadi terinspirasi nih buat nulis alasannya…

    pro nn : makasih dah ikutan komentar ya….

    Suka

  6. Kalo aku sih berhubung blog masih tergolong baru lebih ke follow aja secara default, karena prinsip lama lebih banyak memberi lebih banyak juga menerima.. tergantung kebutuhan anda. Buat mas Agus… nice tutorial πŸ™‚

    Suka

  7. Punya blog terkenal memang cenderung akan mengundang orang jahil untuk ngerjain…. coba blog aku nggak satu orang-pun comment kasihan hik hik ..

    Suka

  8. mau nanya nih kang, maaf klo topikya dikit bergeser.
    1. brapa lama sebuah postingan pasca entry untuk terideks di google dan yahoo?
    2. knapa googleboot last access masing2 blog ngga’ sama?
    trim’s kang

    Suka

  9. jawabannya langsung dirapel ya πŸ˜€

    : ini sangat tergantung sama mesing ping dan juga pembacaan feed yang dipublikasikan masing2 penyedia…jadi contohnya, aku saat ini posting, bisa jadi 10 menit kemudian langsung terbaca di feedburner, tapi kemarin saya butuh hingga 2 jam untuk mengecek posting saya sudah dibaca oleh feedburner….dan ada juga yang karena pengaruh mesin ping yang dipakai, misalnya dari wordpress.com

    Suka

  10. mas…ini maksudnya gmn y? apakah nofollow itu perlu di hapus pada blogger.com?supaya dapat cepat menaikkan page rank google?gmn mas…mohon penjelasannya, tq

    Suka

  11. bukan itu maksudnya, namun hanya informasi bahwa usaha memasukan link aktif di bagian komen tak akan dianggap sebagai link yang bisa mendongkrak eksistensinya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s