Adsense : Refferal Ads Change

Dari judulnya, bila belum mengetahui fakta yang terjadi saat ini, kita mungkin berharap akan adanya perubahan yang lebih baik dari layanan Google ini. Sama halnya saat Google Adsense menyertakan Bahasa Indonesia dalam layananya atau saat menawarkan tampilan format iklan yang berbeda.

Berharap jelas boleh saja. Tapi silahkan lanjutkan membaca postingan ini. Kali ini kejutannya bisa sangat mengejutkan. Google Adsense mengganti skema pembayaran komisi untuk Adsense Refferal untuk negara-negara di Amerika Utara, Amerika Latin dan Jepang. Itu saja? wah ini sih belum bisa dikategorikan berita buruk ya. Tunggu, bagaimana bila : para publisher di negara tercinta, Indonesia, akan menemui kenyataan ini, Adsense Refferal akan ditiadakan!

Praktis pemain Adsense di Indonesia, publisher, tentunya yang mendaftarkan blognya dengan konten Bahasa Indonesia, hanya menyisakan Adsense for Search untuk dioptimalkan. Penggunaan banner referensi untuk download Firefox dan lainnya juga kemungkinan bisa berganti. Peluang yang menipis ini tentu jadi perhatian utama. Apalagi yang bakal dilakukan Google Adsense selanjutnya?

Dulu, pasti ingat akan tawaran $250 yang bisa didapat bila dalam 180 hari setelah bergabung dengan program ini publisher mengumpulkan $100. Hal seperti ini masih berlaku di negara-negara dalam zona yang tersebut diatas, dan jumlah dollar pun disesuaikan (dikurangi). Nantinya pilihan Adsense for Refferal ini akan berangsur-angsur di hilangkan di bulan Januari ini, meski tampilan bannernya yang sudah terlanjur dipasang tetap muncul.

Yah, ambil pertimbangan positifnya saja, toh kita tak mampu memaksakan kehendak kepada Google. Mereka tetap petinggi yang memegang kekuasaan penuh. Jelas, mereka yang pegang dollarnya :). Ini semakin mengingatkan kita bahwa bermain Adsense meski tetap menjunjung tinggi norma yang berlaku. Bisa jadi ini dipicu banyaknya pemain Adsense yang tak tahu aturan main sehingga seenaknya menyebarkan kode refferal melalui iming-iming menggiurkan.

Ada hal yang perlu diingat, mengelola blog dan meraup dollar adalah dua kegiatan yang berada di jalur yang berbeda (meski kini banyak yang menggabungkan rel kedua jalur ini). Tandasnya, fokuskan ke konten. Karena masa depan blog ada pada konten. Iklan akan senantiasa mencermati blog dengan minat yang menarik pembacanya. Penyedia layanan penyumbang uang boleh datang silih berganti, tapi tidak dengan jiwa penyeimbang pikiran dan pembuka wawasan yang diusung blog. Mengikuti ucapan Mas Kukuh : banyak yang kita dapat dari aktivitas blogging,misalnya pengetahuan, wisdom, hubungan pertemanan/persahabatan, jobs, kerjaan projek, inspirasi hidup, wawasan hidup, pengertian/respect antar sesama, trust dari orang lain yang belum kita kenal sebelumnya…dan sebagainya. it is more important than money…

Tulisan diatas dicomot dari FAQ-nya kumpulblogger.com.

Eh sudah tahu belum ya kalo kumpulblogger.com juga bisa jadi alternatif untuk ini? Relatif baru usianya, dilaunching 2 Januari 2008 lalu. Dan bagusnya, blog berbahasa Indonesia bisa melenggang bebas untuk mengikuti program ini. Wah ini bagaikan menemukan oase baru setelah kering membaca rencana Adsense diatas 🙂


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

35 pemikiran pada “Adsense : Refferal Ads Change

  1. Pagi-pagi langsung baca postingan Adsense Referral, kayaknya semua referral di blog-ku harus segera di hapus nich, Alternatif kumpulblogger.com asyik juga, ikutan ahh. Edittag sudah pasang nich.. Jangan-jangan pemrakarsanya Edittag nich, Sukses Ya Mas.

    Suka

  2. Pantesan link referral di blogku ga nongol lagi..begitu toh penyebabnya…coba ikutan kumpulblogger.com ah…siapa tahu bisa nongol he..he..he…:)

    Suka

  3. wah.. pie to? aye msh bs mraup dolar dr adsense ga neh kang? hi(k)8x..

    gabung kumpulbloger ah.. nice info! :d

    oh iya kang blogñ ane link di blogkuw.. link balik ya.. he8x..

    Suka

  4. pro lilik : wajib dicoba tuh, program indonesia punya, ga ada hubunganya sama edittag loh…:)

    pro free web content : dan siapa tahu bisa dpt dari kumpulblogger juga ya….

    pro computer : blog boleh baru, tapi ikut adsense dah ber-kali2 terima cek jangan2 nih 😀

    pro gandhi : alamat blognya? nanti akan segera dilink balik…

    Suka

  5. Wah boleh juga nih kang. coba ikutan ah kumpulblogger nya. mudah-mudahan aja bisa jadi alternatif buat gantiin adsense. Terima kasih kang atas info nya.

    Suka

  6. salam kenal om… 🙂
    saya juga seringkali heran mengapa pemakai internet dari bangsa kita banyak yg memakai cara “fraud” untuk mencapai tujuannya, tidakkah kita sadar akan kenyataan bahwa uang tidak bisa meraih segalanya termasuk harga diri n kehormatan? 😦

    Suka

  7. wew,,saya sendiri dah lama ga pake adsense lagi,males banget neh lama2 kebanyakan aturan dan sekarang akhirna beralih ke adbrite. moga2 berhasil,,amin,, ;p

    Suka

  8. Kang aku sudah daftar di kumpulblogger tapi apa bisa ya kita ubah backgroundnya? Soal background blog ku kan biru gitu aku pasang kumpulblogger di blog ku latarnya putih..jadi kurang klop kalau dilihat..ada solusi kang?

    Suka

  9. hi petra, thank you for visiting, i hope you have a great day

    pro ika : setuju nih, harus banyak coba bila menemui tembok tinggi di adsense. moga sukses dengan adbrite-nya, kalo dah sukses ceritain ya..

    pro aboel : kp.com memang cocok buat blog yang terbilang baru, tak butuh banyak penyesuaian, lebih mengindonesia dan lebih cinta rupiah 🙂

    pro nataludin : semua berawal dari angan-angan mas, bila blognya sudah dirintis dengan baik, tinggal tunggu kedatangan penyedia iklan yang tertarik gabung. adsense bisa jadi salah satunya, tapi tak menutup penyedia iklan lainnya kan? moga sukses mas..

    pro tony : pertanyaan sudah saya teruskan ke pihak kumpulblogger, akan saya kabari bila sudah ada jawaban. yang pernah saya tanyakan ke mereka tentang ukuran iklan, dan mereka memperbolehkan mengganti ukuran agar pas dengan blog yang kita pasang kode dr mereka.

    pro ivo : intinya, ngeblog itu membuka pintu rejeki 😀

    Suka

  10. Ok mas Hery saya tunggu kabarnya soal sangat ingin pasang iklan kumpul blogger di blog saya tapi ga klop warna jadi tunda dulu..coba kumpulblogger bisa setting iklannya kayak kliksaya.com kan enak bisa tentuin sendiri tampilan yang kita mau..

    Suka

  11. kliksaya.com gimana nih? tak lihat ada blog yang aktif mendapatkan komisi spt di kp.cpm, bila sudah pasang kliksaya.com sudahkah dpt komisinya?

    Suka

  12. @tony, saya Kukuh TW pengelola kumpulblogger.com , sementara ini saya belum sempat utak atik codenya supaya cocok dengan background blog milik blogger, nanti kalau ada waktu untuk retouch codenya sehingga setiap blogger bisa bebas memilih background color , saya akan kabari melalui blog edittag.com ini

    Suka

  13. wah senengnya toni, pertanyaannya langsung dijawab sang empunya kumpulblogger.com.
    makasih mas kukuh dah ambil peran lewat komentarnya disini.
    aku tunggu kabar menggembirakan lainnya ya….:)

    Suka

  14. ada pertanyaan saya kang soal adsense search engine,
    1. ketika kita melakukan pencarian di blog kita dengan memasukan kata kunci tertentu, kemudian yang muncul hanya sponsor (iklan ads by google) apakah boleh kita klik?
    2. ada kawan saya yang tidak punya account google tapi dia sering online dan dia browsing awal dari blog saya kemudian melakukan aktifitas searching, lalu mengklik iklan ads by google, apakah ini dibenarkan?
    karna saya melihat, pernah dalam satu hari pendapatan saya di adsense $5,61. dan kawan saya tadi memberikan konfirmasi bahwa dia telah melakukan aktifitas searching via blog saya.
    sebelumnya makasi kang jawabannya

    Suka

  15. 1. bila yang dimaksud kita adalah pemilik akun adsense langsung, jelas jawabnya akan : tidak boleh. tapi bila diklik orang lain, tentu silahkan saja. intinya : kita tidak melakukan aktifitas klik terhadap iklan dengan akun milik pribadi

    2. hal itu dibenarkan, selama bukan kita yang meminta untuk melakukan klik loh ya 🙂 selamat loh bisa dapat $5.61 sehari. hal-hal yg seperti ini adalah diluar kekuasaan kita bila ada pengunjung yg mengklik.

    Suka

  16. Horee…. akhirnya adsenseku disetujui (maklum newbie banget nich) mas, sory yah mo nanya lagi nih 🙂

    Dulu aku daftarin adsense di blog punya WP (udah disetujui) tp berhubung utk ngedit html di WP itu harus bayar dulu (g punya duit n account di paypal) jadi boleh nggak kode adsensenya aku cantumkan juga di blogku yg lain (blogger – yg ini belum didaftarin)?

    Satu lagi, denger2 kita juga g boleh membuka blog kita secara langsung yah? tapi misal kalo dari blogspot harus login terlebih dahulu sebagai admin (karena bisa dicurigai menaikkan trafik)?

    Terima kasih sebelumnya.

    Suka

  17. pro totalmusic : 3 bulanan? lama sekali?
    coba email skali lagi ke google adsense, karena saat terima pin tak selama itu kan?

    pro riff : kode boleh ko dicantumkan ke blog lain tanpa mendaftarkan terlbih dahulu. soal isu tak boleh membuka langsung, itu hanya saran saja, tapi saran ini tak berlaku untuk blog yang trafiknya dah bagus, kan memang kliatan kalo blognya dikit pengunjung tapi tiba2 banyak karena dr IP yang sama kan?

    Suka

  18. Ass’kum,
    Aku baru aktifkan refferal dalam bulan ini, alhamdulillah maseh bisa tampil loo?

    satu lagi, kadang kalo pas di office kita ada beberapa PC yang bisa internet..dan ternyata IP-nya semua sama, terus misal ada kawan laen buka site-ku dan sempet klik ke ads ato searching…termasuk fraud kah???

    untuk kliksaya, baru beberapa hari aktif…tiba2 dihentikan dari empunya, dengan alasan blog saya pake bahasa inggris, padahal postinganku ada juga yg dalam bhs kita…?makaseh.

    Suka

  19. Wallaikumsalam fer…

    Untuk IP yang sama, tentu bisa bermasalah. Google masih menyimpan alamat IP saat kita mendaftar, nah bila ada IP yang sama mengklik ini bisa dikategorikan fraud.
    Namun untuk bernafas lega, bila hanya sekali klik dan itu pun tak berketerusan akun masih bisa diselamatkan. Kecenderunganya adalah, bila sering kali klik. Dan ini yang bisa mengakibatkan akun akan diblokir.

    Untuk kliksaya, saya susah nih menemukan referensi yang menyebut blog berbahasa indonesia saja yang boleh gabung.

    Suka

  20. mas mau nanya dong…..
    1. bisa gak sih kita punya dua akun adsense???
    2. kalau mau ganti blog yang pake adsense bisa gak???
    trims.

    Suka

  21. sama sama,,makasih kembali…

    buat depe, bisa ko, bisa punya dua akun, ganti blog juga bisa….untuk akun, bisa berarti beda nama dengan alamat sama, atau kebalikannya.

    Suka

  22. semenjak 2-3 bulan ini khan kalau blognya bahasa indonesian, langsung di reject. begitu juga referalnya.makanya saya langsung hapus adsense dan referral link di blog bahasa indonesia saya.

    Kalau kumpul blogger…wah saya malah sudah 3 kali pasang iklan di sana buat bisnis saya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s