Blogrolling : Layout Problem

Blogrolling, nama domain yang sangat lekat dengan istilah blog. Kosakata seperti blog roll, blog walk(ing) hingga blog widget sering mondar mandir di halaman blog yang bisa kita sambangi. Maka tak luput bila nama-nama situs yang menggunakan domain yang mengangkat kegiatan blog menjadi begitu booming. Wah, ini kesimpulan yang sangat membantu nih terutama buat mereka yang bingung mencari nama domain buat blognya .

Blogrolling yang edittag gunakan ini adalah sebuah layanan manajemen tautan (link) yang terbilang sangat membantu pengelola blog. Layanan serupa juga bisa kita dapatkan di dalam blogspot atau wordpress. Hanya saja ini adalah layanan dari luar penyedia blog yang sangat fleksibel untuk diaplikasikan.

Mungkin bagi pengguna elemen halaman “Daftar Link” pada blogspot pernah mengalami masalah saat penggantian layout. Kala itu, elemen halaman ini sering menjadi “duri dalam daging” karena elemennya terkadang tak segera menyatu dengan layout baru. Atau juga bagi yang memiliki tautan yang superbanyak, eksekusi pemindahan layout akan lebih sering mengalami masalah disebabkan koneksi internet yang kurang mendukung. Malah lebih sering berujung pada permintaan blogger untuk melaporkan kesalahan yang akhirnya kita temui. Kenapa ya blogger tak semulus usaha wordpress saat penggantian tema?

Nah blogrolling ini bisa menjadi solusi yang meniadakan masalah tersebut. Selain rancangannya yang hanya menyetorkan kode HTML yang bisa dipasang dengan mudah di blog, ada juga beragam pilihan yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari pengurutan tautan sesuai bentuk-bentuk lucu yang disediakan, urutan berdasar abjad, pemunculan kumpulan tautan secara acak, hingga fitur yang edittag sukai : memberitahukan blog mana saja yang baru saja diperbarui. Sungguh tak perlu buka feed reader untuk sekedar menjawab rasa penasaran akan blog mana saja yang telah dipersegar.

Satu-satunya kendala yang terlihat menggangu adalah saat kita memilih untuk menampilkan semua tautan. Bila pilihan ini diambil, efeknya bisa merepotkan. Semua tautan akan tampil tanpa sekat ukuran ruang. Imbasnya, sidebar akan terlihat lebih panjang. Jelas bisa memperburuk tampilan blog.

Untuk mengakali hal ini, gunakan tag div dengan atribut : overflow: auto; height: 300px; width: 150px;” dan tutup dengan /div.

Gunakan kode tersebut untuk mengapit kode pemberian blogrolling. Contoh jadinya adalah :

<div style=”overflow: auto; height: 300px; width: 150px;”><script language=”javascript” type=”text/javascript” src=”http://rpc.blogrolling.com/display.php?r=123456789″></script></div&gt;.

Kasus diatas untuk ditata dalam tampilan wadah berukuran tinggi 300 dan lebar 150.
Maka tak perlu takut lagi sidebar makin meluber kan 


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

11 pemikiran pada “Blogrolling : Layout Problem

  1. informasi ini bagus sekali mas, mungkin akan saya coba. selama ini mengelola blogroll agak susah, namun dengan cara ini manajemen blogroll bakal lebih mudah. thanks infonya dan sukses selalu 🙂

    Suka

  2. sama sama om, makasih juga dah praktek langsung blogrollingnya. memang ada kelebihan nih makanya aku lebih suka pake layanan ini. selain itu mereka hanya memberi kode javascript hingga mudah dalam pemasangan widget, meski sering pindah-pindah tampilan.

    Suka

  3. Malam mas Hery..sori nih koment disini..sepertinya opera mini aku ga bisa komentar lagi di chat box nya, mungkin sejak mas Hery pangkas berat blog nya..tiap nulis komentar ga muncul2, makanya ga pernah lagi sekedar basa-basi kasih komentar 🙂

    Suka

  4. bos, mau nanya .. apakah sewaktu edittag merubah kulitnya ini mengalami bnyk masalah? apa ndak kacau tuh templetnya yg udah bejibun gt fitur2nya..
    kalo iya, beri kita tips donk biar sewaktu kita mengedit kulit blog kita gak terlalu kelabakan..thnks yah..

    Suka

  5. pro fauzan : jelas ada banyak kendala untuk migrasi ke sesama jenis layout di blogger, dan kendalanya paling kentara adalah menyesuikan nama dan jenis widget agar bisa diloloskan layout penggantinya.

    akan ditulis petunjuk untuk melakukan penggantian layout untuk memudahkan ya…

    pro ridu : kalo aku sih makan itu menyenangkan (ya iya kok lah masa tuh kan hihihi)

    Suka

  6. Saya coba tutorialnya, setelah dipasang kodenya saya jadi bingung diapain lagi mas… he he tulingin ya..soalnya trus nggak kelihatan di blog

    Suka

  7. ga muncul gimana nih? karena disini ga disebut tutorial, hanya pengenalan. saya coba cek blognya untuk lihat kemunculannya, ada link kayaknya bukan dari blogrolling ya?

    Suka

  8. sama sama hasssan, salam kenal kembali…sering2 mampir ya…kalo perlu langganan lewat email biar bisa baca postingan lebih teratur 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s