WEB : MXNA Adobe

Pernah mencoba layanan agregator dari pihak Adobe? yah, MXNA Aggregator yang dimaksud disini. Baru dengar? Mungkin deskripsi berikut bisa membantu mengenal mereka lebih baik.

MXNA tak lebih dari layanan agregator yang dijalankan pihak Adobe.com untuk merangkul beberapa penulis blog yang mengkhususkan penulisan materinya pada produk yang dirilis secara resmi oleh Adobe.com. Bila kita sering menemui layanan serupa dari suatu komunitas blog, seperti Indonesia Muslim Blog (misalnya), maka begitu kita dinyatakan aktif sebagai member disana, maka kita juga bisa meminta pihak pengelolanya agar berbaik hati menyebarkan konten blog kita disana. Dengan begitu cakupan pembaca blog kita akan lebih luas. Dan hal ini cukup dengan menyertakan alamat feed blog kita.

Sebuah layanan timbal balik yang mudah kan?

Coba bayangkan bila hal serupa juga diberlakukan oleh sebuah komunitas yang berlevel lebih luas lagi. Batasannya meliputi seluruh area di dunia ini. Dan adobe.com bisa disebut sebagai salah satu yang terbesar untuk menyebut contoh yang mudah ini. Komunitas mereka dikenal begitu aktif dan menyebar. Lebih lagi pertimbangan lain seperti cakupan pembaca yang terfokus akan satu tema, yakni produk dari pihak Adobe.com dihitung. Maka tak salah bila blog yang terdaftar disini akan bisa secara singkat dibaca dan tersebar dengan lebih efektif.

Namun pasti akan ada konsekwensi logis untuk bisa mencicipi “kemewahan” fasilitas dari mereka. Salah satu barometer yang gampang ditebak tentu adalah isi konten kita yang mereview atau menulis apapun terkait atas produk yang dirilis pihak Adobe.com. Begitu kita memiliki blog dengan konten yang dimaksud, kita bisa saja mencoba pihak adobe.com melalui MXNA agregator untuk menukil alamat feed kita dan melakukan broadcast ke komunitasnya. Apakah pertimbangan bahasa menjadi salah satu persyaratan mereka akan diterimanya feed kita disana? tentu. Namun bila pertanyaan ini meruncing ke blog yang menggunakan bahasa Indonesia, tentu pertanyaan tadi boleh dipinggirkan. Pihak MXNA membuka pintu lebar-lebar untuk konten dengan bahasa ibu kita. Menyenangkan ya ada pihak yang memahami bahasa kita disana :).

Sepertinya bila menilik pertimbangan diatas tentu kita akan membayangkan betapa mulusnya jalan kita untuk diterima disana. Wow…sabar teman. Mereka bisa jadi menerima hampir ratusan blog setiap harinya yang ingin bergabung. Maka sangat wajar dan normal bila kita mesti rela menungu untuk menunggu blog kita dipilih. Terlebih bila kita melakukannya disaat ini.

Penulis edittag yang sempat meloloskan blog tentang flashlite disana juga merasakan pengalaman yang berbeda saat ini. Bila blog sebelumnya hanya kurang dari sebulan untuk bisa diterima, kini hampir 2 bulan blog lainnya menunggu untuk akhirnya menerima ucapan bertajuk berikut :

Your site has been added to the Macromedia XML News Aggregator.

Begitu membaca email dari mereka, maka lunaslah semua proses menunggu (yang sebenarnya tak dirasakan begitu lama bila kita terus mempertimbangan mengkinikan konten blog dari sekedar menungggu blog kita dibaca orang lain :D). Jadi memang benar kata orang bila urusan menunggu tak kan dirasa lama bila kita giat melakukan hal lain.

Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

8 pemikiran pada “WEB : MXNA Adobe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s