Blogger : Delete Post When You Just Need Image URL

Isu penggunaan blogger.com sebagai media penyimpanan file gambar memang mengundang decak kekaguman. Meski memiliki banyak “saudara kembar”, tak sedikit menghapus keraguan akan keampuhan media penyimpanan file di blogger.com. Sebut saja nama-nama seperti Googlepages, Hello, Picasa yang masih terhitung akrab di telinga (dan mungkin juga hapal seberapa besar kekuatan daya tampung masing-masing penyimpananya :D).

Paling awal dulu edittag sempat merekomendasikan simpan ke draft untuk menunggah poto. Edittag juga sempat menemukan jawaban dari Forum Blogger yang menyebutkan bahwa kapasitas blogger tak sekedar yang tertulis dalam layananya. Meski hal ini tak disebut dalam dokumen formal, sepertinya memang teruji dalam kasus berikut :

Ketika pertama kali kita memiliki akun blog di Blogspot, maka hal yang sering ditanyakan adalah tempat menyimpan file photo ketika hendak menyunting tampilan Profil. Di bagian ini memang tak disediakan porsi “Browse” untuk mengunggah file poto agar tertampil. Walhasil kita mesti terlebih dahulu kerepotan untuk mencari media yang tepat. Tak jarang “pintu paling cepat” adalah mengungahnya di dalam postingan.

Maka kemudian tangan kita menekan tautan “Membuat Postingan”, lalu mencari ikon bergambar pemandangan, browse, mencari file poto di hardisk lokal dan setelah berhasil terunggah akan muncul gambar kita di dalam postinganya. Karena yang dibutuhkan untuk mengisi poto profil adalah alamat URL gambar poto, maka kemudian kita ganti mode editor postingannya ke bentuk “Edit HTML”. Lalu menyorot alamat URL file tadi seperti alamat berikut : http://bp1.blogger.com/potoku.jpg. Beres mendapatkan alamat filenya kita pun kembali bertanya : “apakah postingan yang hanya berisi poto akan dipertahankan atau dibuang?”.

Jika kita memilih opsi dibuang, apakah file gambar tadi akan ikut hilang? ternyata tidak!. Profile Blogger masih sanggup menemukan file gambar tadi. Lalu dimanakah Blogger menyimpannya ya 🙂

Tautan terkait :
Melongok Profil tetangga sebelah.
Photo hosting di Blogger.
Apakah ada batasan penyimpanan dalam Blogger?


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

4 pemikiran pada “Blogger : Delete Post When You Just Need Image URL

  1. pro karsono : tepad sekali….andai kita bisa melihat dan menyimpan di hardisk google lebih banyak lagi ya….namun kalau boleh memilih sepertinya servernya yahoo lebih stabil karena ditengarai dalam setahun tak pernah padam.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s