HTML : Create Dropdown Menu

Tampilan blogroll berupa dropdown memang jitu untuk memangkas ruang blog yang tersisa. Dengan wujudnya yang praktis, hanya perlu mengklik opsi dari alamat-alamat blog teman , maka kita bisa melemparkan halaman ke alamat URL yang dituju.

Sayangnya widget bawaan blogger untuk mengumpulkan alamat URL teman belum dibekali dengan kemampuan ini. Baru sebatas tampilan widget arsip yang bisa diolah tampilanya menjadi dropdown.

Untuk itu kita bisa saja mencantumkan kode dropdown ke dalam wadah widget HTML/Javascript sebagai berikut :

<select name=”archivemenu” onchange=”document.location.href=this.optionsthis.selectedIndex].value;”>

<option selected>- Pilihlah -</option>
<option value=”[alamat URL]”>nama blog1</option>
<option value=”[alamat URL]”>nama blog2</option>
<option value=”[alamat URL]”>nama blog3</option>
</select>
Contoh :

<select name=”archivemenu” onchange=
“document.location.href=this.options[this.selectedIndex].value;”>

– Pilihlah –
Edittag
Agushery

Hanya memang kelemahanya kita mesti menuliskan satu persatu alamat URL bila ada penambahan. Alternatif lain untuk menghemat buka tutup akses widget adalah dengan menggunakan layanan dari Oggix akan Link Manager. Meski masih terhitung memasukan kodenya ke dalam widget HTML/Javascript, namun untuk menambahkan alamat URL kita bisa melakukannya dalam dasbor Oggix. Tentu ini akan lebih irit bila kita masih aktif menggunakan layanan dari Oggix. Semisal layanan Shoutbox tak berbayarnya. Jadi sekali kita balas sapaan melalui shoutbox kita juga bisa memasukan alamat URL teman dan menampilkan menu dropdown sekaligus. Wah…cocok nih buat yang kepincut dengan alamat blog teman baru dan berniat memasukan daftar temannya sekaligus.

Jadi bila kita sudah masuk log ke dalam Oggix, tuju Menu Manage Link, masuk ke submenu Settings, pada daftar isian selanjutnya kita akan menemukan kolom Type. Pilih opsi Dropdown. Lalu Save. Untuk memasukan alamat URL teman, kita buka submenu Manage Link (masih dalam menu utama Manage Link). Masukan nama, alamat URL dan deskripsi blognya. Bila selesai tekan Save. Lalu untuk mendapatkan kode HTML kita tuju menu Install Manage Link, lalu salin kode yang sudah dibuat secara otomatis disitu.

Bila sudah disalin maka pasang pada elemen halaman dengan pilihan HTML/Javascript (layout->penambahan elemen halaman->tambahkan elemen halaman->HTML/Javascript).

Nah, serta merta akan muncul blogroll dalam wujud dropdown disana.


Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

8 pemikiran pada “HTML : Create Dropdown Menu

  1. mas agus, thanks ya…kalo mo buat windows scroll down gmn mas? jd yg tampil bukan sebagian aja tapi seluruhnya…kaya tampilan comment box ini loh…

    Suka

  2. kang kok saya ga bisa ya? aneh dagh… hasilnya ga nglink gt… adda saran? tolong review blog sasya ya… yg drop down other journey ga bisa… knp ya?

    Suka

  3. aku lihat [ dan ] masih terpasang, namun begitu postingannya dicoba skali lagi skarang jadi ga efektif nih, ada masalah dengan browsernya….ada baiknya gunakan pilihan serupa dari oggix.com.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s