HTML : Marquee Issue

Untuk memasang Marquee memang banyak panduan yang bisa membantu. Atribut penyertanyapun juga dengan mudah kita temukan melalui Google. Mulai dari menjalankan dari arah yang berbeda, menata interval waktunya sampai menghentikan pergerakan saat mouse mengampiri teks yang diselimuti tauatan ke alamat web.

Bila hendak memasangnya dengan mode layout (type template terbaru blogger) kita pun mendapati elemen halaman HTML/Javascript untuk menampung kode marquee. Namun kali ini arahkan perhatian bukan pada cara pemasangan, tapi kepada efek yang dihasilkan pada perambah yang berbeda. Ambil 2 perambah yang cukup banyak penggunanya. Yakni IE (Internet Explorer dan Firefox.)

Coba gunakan atribut direction horizontal (baik ke arah kanan maupun kiri : marquee direction=right/left) pada marquee yang kita pakai. Saat memasukan kodenya melalui Menambah ELement Halaman (Add Page Elements) bisa jadi hasil yang kita lihat akan berbeda di kedua perambah tadi. IE akan memperlakukan kode marquee secara sempurna. Sangat berbeda hasilnya bila kita simak di Firefox. Kode tak dijalankan secara sempurna. Boro-boro marqueenya jalan, malah kita tak menemukan tampilan teks yang diapit oleh marquee. Hilang tanpa bekas. Kemanakah teks yang mestinya berjalan itu?

Sekarang coba kita lakukan langkah yang sama seperti diatas, namun kali ini kita ubah arahnya secara vertical (marquee direction=up/down). Hasilnya akan jauh memuaskan. Baik di IE maupun Firefox keduanya berjalan normal.

Kedua hasil percobaan tadi membuktikan bahwa penggunaan Element Halaman (Page Elemen) berjenis HTML/Javascript yang diberlakukan oleh Layout Blogger hanya mengijinkan kode HTMLyang seutuhnya valid. Dalam artian bahwa kode HTML yang diterima hanya bisa dijalankan dengan sempurna bila kode HTML telah disetujui oleh konsorsium yang beranggotakan para pengembang perambah di dunia. Lalu bila kita kembali ke masalah marquee, kode ini sebenarnya ekstensi tak resmi yang diperkenalkan pihak Microsoft selaku pengembang perambah IE. Tak heran ‘kan, bila kita sering menemukan kejanggalan marquee pada perambah selain IE.

Jadi bila kita memaksa hendak menggunakan kode marquee, lebih baik gunakan arah secara vertikal. Ini akan lebih aman dibuka di perambah yang berbeda. Namun bila memungkinkan ‘sih jangan gunakan kode marquee terlalu sering. Marquee memang salah satu trik jitu untuk memaksimalkan penampilan yang kaya akan efek animasi. Tapi juga sering dianggap mengganggu oleh pembaca yang lain. Jadi berhati-hatilah bermain dengan kode ini.

Tag : marquee, vertikal marquee, horisontal marquee, vertical marquee, horizontal marquee.
Add to Technorati Favorites
Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

Satu pemikiran pada “HTML : Marquee Issue

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s