HTML : HTML Entity

Terkadang kita ingin menyalin kode HTML dalam sebuah postingan untuk sekedar memberitahu kode yang bisa dipasang untuk memasang ikon Yahoo! Messenger. Berharap kode yang dimasukan bisa muncul dan dengan mudah bisa disalin oleh pengunjung, namun yang didapat malah tak sesuai keinginan. Kode yang dimasukan malah sudah terlanjur berubah menjadi ikon Yahoo!, wah sepertinya ada yang salah nih dengan pemasangan kodenya.

Lalu bagaimana memasang kode HTML di dalam postingan agar sesuai dengan kehendak? Untuk keperluan ini sudah waktunya kita berkenalan dengan istilah entitas HTML. Atau bila masih tak familiar, mungkin istilah HTML entity jauh lebih asing lagi :D.

Untuk apa perlu bersingungan dengan istilah ini? sebagai gambaran umum saja, kode HTML merupakan kode yang erat kaitanya dengan perambah (browser). Kode HTML laiknya kode perintah yang bisa dimengerti oleh majikannya, dalam hal ini bisa berupa Internet Explorer, Mozilla atau Opera. Sesaat setelah kode ini dibaca (lebih tepatnya dieksekusi) maka kode ini akan berubah haluan menjadi sajian yang lebih mudah dimengerti. Misalnya bila kita ketikan <B>huruf tebal</B> maka kata tersebut akan disulap menjadi huruf tebal. Nah disini bisa dengan jelas kita lihat bahwa kata “huruf tebal” diatas adalah dua hal yang berbeda. Bagian yang pertama menggunakan entitas HTML agar dimunculkan kode HTML dasar, sedang bagian kedua adalah hasil yang telah dibaca oleh perambah.

Jadi bisa dimengerti kan? Untuk itu bagi yang ingin menampilkan kode HTML yang masih belum dieksekusi oleh perambah, kita perlu bantuan entitas HTML. Berikut adalah beberapa contoh dari mereka (kolom pertama adalah hasil, kolom kedua adalah entitasnya) :

” : "
< : $lt;
> : $gt;

Untuk info lebih lanjut mengenai hal ini bisa tuju alamat : http://www.w3schools.com/tags/ref_entities.asp

Atau (ada cara lain yang tak kalah asyiknya untuk dicoba) adalah menggunakan textarea. Dengan bantuan ini bisa saja kita tak perlu repot-repot mengganti kode dengan substitusinya dari entitas HTML, jadi cukup mengapit kode HTML yang akan ditampilkan dengan menempatkanya diantara <textarea> dan <textarea>.
Misalnya . Lebih mudah mana :).

Bila kita memiliki kode yang panjang, dan kliatanya repot bila harus menggantinya satu persatu, gunakan bantuan Notepad dengan fitur “Find and Replace”, atau “Replace”. Masukan kode yang ingin diganti di kolom atas, dan masukan kata penggantinya di bagian bawah.

Add to Technorati Favorites
Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

4 pemikiran pada “HTML : HTML Entity

  1. kalo yang ni kan dah byk yg dah tau… tapi gapapa juga ci,brgkali da yg lom tau.
    eh mas, ajarin bikin ikon dunk! blognya edittag koq bisa ada ikonnya sendiri sih?bukan ikon blogger?

    Suka

  2. hati-hati menyebut banyak yang tahu, bergabunglah dengan mereka yang kurang beruntung mengenal HTML :D, ikon sendiri, bukan blogger? maskudnya favicon? coba gunakan layanan favatar, teknisnya ada link di sebelah sidebar….

    Suka

  3. ya udah, maafin deh…
    g brmksud gtu koq…
    mas,saya orang baru di dunia blog jadi kalo ada kata2 yg ga pas ama etika ngeblog tolong dimaafin ya!
    kalo boleh,mohon petunjuknya (mksudY,klo ada,sprti apa etika dlm ngeblog) biar ga salah omong lagi 😥
    bwt pembaca edittag yg laen,saya mohon maaf kalo ada yg tersinggung!

    Suka

  4. mas adjie, komentar saya diatas juga bukan untuk meng-counter pendapat anda, ini lebih kepada meluruskan pendapat, karena memang tulisan ini sebagai jawaban dari kekurangtahuan rekan edittag yang ingin berbagi ilmu HTML di blognya. Jadi tak perlu merasa bersalah.

    Bila boleh menyarankan, bila hendak berkomentar, ada baiknya gunakan opini pribadi yang dilandasi informasi dari luar, jadi tak berkesan menilai dari pihak pribadi. Karena blog diperuntukan untuk membentuk komunikasi yang terbuka tanpa mengurangi kehormatan blogger lainya.

    Dan berlatihlah untuk terus berkomentar di blog lain, ini akan bagus untuk mendapatkan repson atas tulisan kita. Dengan begitu kita makin teruji untuk menentukan komentar seperti apa yang sekiranya baik.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s