Blogger : More Storage for Images

Pertanyaan ini mengemuka kembali. Banyak yang masih menanyakan kapasitas penyimpanan media seperti file gambar di Blogspot. Untungnya, pertanyaan seperti ini bila diajukan bulan Juli 2007 akan berbeda dengan jawaban yang pernah ditulis pada Agustus 2006, hampir setahun yang lalu. Jadi sangat layak untuk dibahas kembali.

Ada perkembangan yang sangat pesat dari segi jumlah. Bila sebelumnya hanya mengalokasi 300 MB dalam satu akun, kini bisa mencapai 1024 MB. Mengapa bisa jor-joran seperti itu ya? ya sih, memang itu tak seberapa bila dibanding saudaranya di Gmail yang terbilang sangat besar. Namun tetap saja perbedaan angka ini mensyaratkan bahwa kemungkinan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan juga semakin besar. Bisa jadi (dan ini sangat mungkin) bila tak genap pertanyaan ini ditanyakan setahun kemudian angka ini bisa menembus angka yang berlipat.

Petunjuk yang mudah untuk melihat seberapa sisa ruangan yang tersisa untuk menyimpan file gambar bisa ditemukan saat kita berada di halaman pengunggahan gambar. Akan nampak petunjuk seperti berikut :

Eh, tapi ada yang janggal ya dari gambar diatas, angka dan persentasenya tak tepat. Untuk lebih memastikannya kita bisa masuk ke halaman Picasa. Cukup masukan alamat email akun kita di Gmail kita akan segera mendapatkan angka yang akurat.

Tuju halaman ini, lalu bagi yang pertama kali masuk kesana kita akan diminta konfirmasi untuk menggunakan layanan ini. Selanjutnya kita akan berada pada halaman “My photos”. Maka akan ada petunjuk penggunaan dari kapasitas yang disediakan pada bagian bawah dengan warna hijau disana. Tentu sudah tahu kan bila semua file gambar disini sangat mungkin untuk dipublikasikan dalam bentuk album photo?

Tapi bagaimana bila tak puas dengan angka 1024 MB? tentu ada alternatif bagi yang haus akan kapasitas penyimpanan. Terutama bagi blogger yang kaya dengan poto-poto dalam postingannya. Ada pilihan dan tentu ada konsekwensinya, yakni layanan berbayar. Harganya adalah :

6.25 GB ($25 USD per tahun)
25 GB ($100 USD per tahun)
100 GB ($250 USD per tahun)
250 GB ($500 USD per tahun)

Andalah bosnya untuk menentukan apakah cukup dengan kapasitas yang sekarang, atau mau sabar menunggu setahun kemudian, siapa tahu Google kembali berbaik hati menambahkannya :D.
Add to Technorati Favorites
Kabarkan ke teman blog ini

Free Tell-a-Friend by Bravenet.com

Satu pemikiran pada “Blogger : More Storage for Images

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s