Blogger : Google Page Result with Date

Bagi yang sering menggunakan Google sebagai mesin pencari, ada kalanya kita temukan penanggalan di samping kanan alamat web yang ditemukan. Sewarna dengan teks pada alamat webnya. Hijau. Pernah melihatnya? belum? …ya bisa dibilang jarang sekali terlihat. Ok, akan lebih mudah bila dibantu dengan tangkapan layarnya. Berikut :

Keterangan :
Hasil penemuan diatas tertangkap hari ini (4 juli) yang merujuk pada postingan yang baru saja edittag posting hari kmarin (3 juli). Dengan kata kunci “mengganti background multiply” hasilnya menempatkan isi postingan tersebut di 4 besar. Padahal postingan ini hanya menyebut nama multiply tanpa menyebut cara untuk mengganti background disana.

Nah, sudah lihat kan sekarang? lalu mengapa petunjuk tanggal ini hanya muncul sesekali? pasti begitu istimewa hingga tak semua hasil pencarian ditemukan petunjuk penanggalan.

Dibutuhkan keterlibatan mesin crawler google (atau biasa disebut dengan Googlebot) dan halaman web yang bersangkutan yang memungkinkan hal ini bisa terjadi. Penanggalan ini memberikan petunjuk akan kesegaran mesin Google menyalin sebuah halaman web. Artinya, tanggal ini hanya dimunculkan untuk halaman yang terhitung masih segar disinggahi Googlebot.

Googlebot mencari sebuah halaman melalui 2 cara : melalui hasil penambahan halaman di Google dan juga mencari tautan dengan langsung menyambangi halaman web. Lalu bagaimana Googlebot melakukannya pada halaman blog yang aktif melalukan pengkinian konten (up-to-date)?

Nah dari sinilah kemudian GoogleBot secara kontinyu akan mengulangi crawling pada halaman indek sebuah blog agar selalu mendapati hasil yang lebih pasti. Hasilnya GoogleBot akan lebih sering menyalin konten baru pada situs berita misalnya. Hal ini juga berlaku pada blog yang sering di update. Semakin sering blog kita memiliki postingan baru akan berarti pula akan semakin seringnya GoogleBot berjalan-jalan di blog kita. Tentu ini membawa berkah pada hasil pencarian Google kan? blog kita akan semakin sering digali dan dimunculkan di hasil pencarian mereka.

Jadi, ayo update blogmu bila ingin terlihat “seksi” di mata Google :D.

Add to Technorati Favorites

6 pemikiran pada “Blogger : Google Page Result with Date

  1. pertama!
    halo pak edittag, saya muncul lagi πŸ˜€
    lagi kangen pengen jalan2 ke sini..

    eh, ini kok masuk koment yah πŸ˜›

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s