Web : Flickr URL’s Alias Name

Bila kita mendaftar ke layanan penampung file gambar seperti di Flickr, kita akan mendapati fasilitas pemberian nama URL akun yang lebih manusiawi. Seperti halnya dengan pentingnya pemberian nama domain di internet dibanding dengan nomer IP yang sulit diingat, maka metode ini juga ditawarkan oleh pihak Flickr.

Dengan begitu bila rekan ingin melihat kumpulan photo yang kita unggah di Flickr, kita bisa dengan mudah mengirimkan nama URL yang lebih familiar. Format URL yang telah kita sesuaikan misalnya http://www.flickr.com/photos/galeriku atau http://www4.flickr.com/photos/galeribersama/. Bila kita ingin mendapati alamat alias kita bisa masuk log (log in) ke Flickr dan tuju alamat http://www.flickr.com/profile_url.gne.

Tapi ingat, pengubahan alamat alias di Flickr berbeda dengan Friendster. Di friendster kita diperkenankan untuk menggantinya berkali-kali selama nama aliasnya unik dan tidak digunakan pihak lain. Nah untuk pengguna yang suka gonta-ganti nama kecewalah dengan layanan Flickr. Mereka hanya memberi kesempatan satu kali, yak, sekali lagi : satu kali seumur hidup akun Flickr kita. Pembatasan ini tak hanya berlaku bagi pengguna tak berbayar, yang berbayarpun dikenakan aturan yang sama. Jadi pikirkanlah nama yang sekiranya tepat hingga lain kesempatan kita tak berkeinginan menggantinya. Caranya? hm…agak susah juga ya untuk memberi nama yang tak akan kita sesali kemudian.

Hasil penangkapan Google :
– Berada di posisi ke-3 pada tanggal 13 April 2007 denga kata kunci ‘mengedit web’ di Google Indonesia.

Add to Technorati Favorites

4 pemikiran pada “Web : Flickr URL’s Alias Name

  1. kl terlanjur nyesel, mending bikin akun baru, dengan email baru.

    meski akun Flickr berlaku satu kali seumur hidup, selagi kita bisa bikin akun baru, jangan sampai nyesel seumur hidup lah šŸ™‚

    Suka

  2. Betul mbak elen, kebetulan ada temen edittag nih yang terlanjur menggunakan nama alias yang tidak disetujui pihak tempat dia bekerja, padahal gambarnya sudah terkumpul banyak. Akhirnya dimulailah usahanya mengunggah poto2 lamanya di akun yang baru. Merepotkan ya?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s