Web : Blog and Its Feed Can Promote Your Blog

Siapa bilang hasil pencarian Google akan merujuk ke halaman blog/situs yang sama pada kata kunci tertentu? Ini buktinya :

Kita akan mencari dengan bantuan mesin pencari Google Internasional (Google.com) dan memasukan kata kunci “pengguna blogger”. Atau klik tautan berikut untuk langsung diarahkan ke hasil pencariannya.

http://www.google.com/search?…

Dan berikut hasil yang ditemukan :

mengedit itu mengenyangkan …

Alih-alihh tentu untuk mengakomodasi para pengguna Video Blogger. Dan jelas akan berbeda bagi pengguna Blogger baru, yakni jawabnya adalah tidak.
edittag.blogspot.com/search/label/Blogger – 166k – CachedSimilar pages

mengedit itu mengenyangkan …: May 2006

Bukan tidak mungkin pula dari beberapa pengguna Blogger yang sudah akrab dengan layanan ini,pertanyaan ini juga masih sering ditanyakan.
edittag.blogspot.com/2006_05_01_archive.html – 98k – CachedSimilar pages
[ More results from edittag.blogspot.com ]

mengedit itu mengenyangkan …

Artinya ruang pribadi milik blogger yang biasanya disebut papan iklan oleh beberapa pengguna blogger dimaksimalkan dengan fungsi yang sangat relevan.
feeds.feedburner.com/EditTag – 96k – CachedSimilar pages

Perhatikan, hasil pencarian pertama dan kedua merujuk pada blog edittag. Namun pada hasil pencarian terakhir menunjuk ke feed edittag di Feedburner.

Agak diluar dugaan. Karena feed yang diambil Feedburner juga berasal dari blog edittag. Namun yang tertangkap malah dari Feedburner. Apakah ini berarti postingan ini di feedburner lebih banyak ditangkap oleh mesin pencari dibanding di blognya langsung?

Poin pentingnya adalah, jangan remehkan feed, meskipun diambil oleh pihak ketiga. Karena siapa tahu yang tertangkap oleh mesin pencari adalah justru feed kita di tempat lain. Tentu lebih beruntung karena hasil pencarian masih mencari ke postingan kita.

Add to Technorati Favorites

8 pemikiran pada “Web : Blog and Its Feed Can Promote Your Blog

  1. Ada sih ko, coba bila dilihat per postingan, bukan dari halaman depan.
    Karena memang blogspot memberlakukan penyantuman tanggal pada postingan di hari yang disebutkan.
    Nah kebetulan hari itu ada 2 postingan yang ditulis, jadi hanya dimunculkan sekali saja penanggalannya untuk kedua postingan tadi.

    Suka

  2. urutan di google kan berubah setiap saat… tergantung banyaknya user yang mengakses halaman tersebut…. untuk menyiasati pake kode meta tag yang ada di webmaster google aja….

    Suka

  3. Betul sekali mas anang, peringkat sangat fluktuatif. Bila diperhatikan lebih lanjut, beberapa postingan edittag terdahulu juga menyertakan tanggal pada saat posisi penangkapan oleh Google tercatat. Ini agar memberikan informasi lebih komplit mengenai posisi dan tanggal saat posisi itu berada.

    Suka

  4. ternyata taut masuk ngefek jg ya mas agus..

    urutannya biasanya gemana ya yg plg stabil kl diliat karakter hasil suatu pencarian mesin pencari:
    • konten orisinil
    • incoming links
    • klik dari search engine
    • dll ??
    gak kepikir dl.. kl nge-post ya nge-post aja.. 😀

    Suka

  5. iya nih mbak…aku juga punya metode yang sama, posting ya tinggal posting saja, tanpa perlu risaukan hasil nantinya…..dan pertanyaan saya juga sama nih….apa yang membedakan perlakuan mesin pencari padahal feed juga mengambil posting originalnya…

    kecurigaan sih dari sumber pencarian, misalkan ada yang mencari langsung ke feed dari penyedia pihak feed, spt contoh diatas….utk itu dia langsung cari sumber feednya…dan itu yg tertangakp slanjutnya….

    atau ada yg lebih tahu mengenai hal ini?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s