Blogger : Shoutmix Issues

Dua hari yang lalu edittag sempat mendapatkan 2 pertanyaan dengan topik yang sama. Pertama yang masuk melalui messenger dan lainnya tertangkap dari log hasil pencarian dari Google yang salah satu hasil pencariannya merujuk ke halaman edittag.

Untuk itu tak ada salahnya bila tulisan kali ini akan menjawab sekaligus pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pertama adalah “Cara memasang shoutmix di blogger” sedang satu lagi adalah “Mengapa shoutmix di blog tidak muncul secara sempurna, hanya menyisakan form pengisian, tanpa menampilkan shout yang masuk.”

Ok, akan kita bahas satu persatu.

Jawaban untuk pertanyaan pertama :

Bila Anda menggunakan blogger dengan template versi baru, maka hal yang perlu dilakukan adalah mengambil kode yang didapat dari pihak Shoutmix saat anda selesai mendaftar (atau bila pengguna lama bisa pula mendapatkan kodenya kembali dengan masuk log (log in), lalu masuk ke tab [Settings] lalu di box Appereance lakukan penyesuain seperlunya dan akhiri dengan menekan button [Save Settings] ). Salin kode yang didapat, lalu masuk log ke Blogger, pilih blog yang akan dipasang shoutbox, klik [Layout], tuju tab Add Page Elements, di bagian Sidebar pilih menu HTML/Javascript dan klik tombol [ADD TO BLOG].Masukin kode yang tadi disalin disini.Simpan,dan lihat hasilnya. Keterangan ini sama dengan pemasangan shoutbox dari Oggix.

Namun bila Anda masih berkutat dengan blogger lama, Anda perlu mengedit manual bagian HTML dengan masuk ke bagian Template dan salin kode yang didapat dari shoutmix ke bagian Sidebar. Kode dari shoutmix biasanya akan bisa dilihat seperti disini.

Ok, ke pertanyaan selanjutnya.

Berikut visualisasi dari pertanyaan kedua :

Perhatikan, tak ada pesan yang muncul dibagian bawah form pengisian. Bukan pemandangan yang semestinya kan?. Untuk menajwab hal ini ada hal yang perlu dicermati pada saat melakukan penyetelan tampilan saat kita berada di dalam Shoutmix.

Pemandangan diatas biasanya terjadi karena penyetelan mode wide (lebar) di bagian Stylenya. Maka tak heran bila kita mendapati kode dari Shoutmix dengan lebar -sebut saja 160px- padahal shout kita dipasang di bagian Sidebar yang hanya berlebar 180 px, maka blog hanya akan menampilkan sisi kanan dari tampilan Shoutmix.

Berikut tampilan shoutmix yang disetel dengan Style Wide di ukuran sesungguhnya :
Nah dari sini bisa disimpulkan bahwa penyebab bagian isi shout yang tidak dimunculkan karena keterbatasan lebar sidebar. Untuk memperbaikinya kita mesti melakukan penyetelan Style. Ada 4 tipe style yang disediakan, yakni Compact, Tag, Wide, dan Inline. Gambar diatas adalah hasil penggunaan style Wide. Untuk mengatasi hal ini adalah bukannya menyetel lebar sidebar, namun style di shoutmix. Caranya adalah : Setelah berada di bagian Setting, klik Appereance, cari tampilan berikut

dan pilih selain Wide, Klik dan Akhiri dengan .

Setelah ini kita akan mendapat kode yang nantinya kode ini akan kita pasang di blogger. Semoga terselesaikan masalahnya.

Catatan penangkapan Google:
-Berada di posisi ke-1 dengan kata kunci ‘blogger template “wide”‘ di Google Indonesia pada tanggal 20 April 2007.
Add to Technorati Favorites

23 pemikiran pada “Blogger : Shoutmix Issues

  1. nah yg aku bahas ini utk shoutmix, kita hanya perlu ganti stylenya aja, utk cbox aku baru dengen nih kalo sering bermasalah….utk itu aku juga belum liat pemecahannya….
    mungkin bisa berbagi pengalaman error spt apa yg muncul di cbox….

    Suka

  2. shoutmix? setahuku kalo aku pake shoutmix masih lebih mendingan nih, aku blom pernah liat mesej yang hilang slain karena kita hapus sendiri.

    Suka

  3. belajar teknis internet bisa di blog ini atau di o-om.com
    sedangkan untuk bisa menghasilkan uang bisa anda pelajari di uangsuper.com

    GRATIS, mudah dan gampang

    saya lihat artikel di blog ini isinya bagus dan update.

    salam super

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s