Blogger : Revert to Classic Template

Tulisan ini mestinya adalah lanjutan dari cara migrasi dari blogger lama ke baru. Karena yang akan diungkap disini adalah pengelolaan template dari versi Layout ke Template.

Beberapa penyedia layanan unduh template Blogger juga sudah berulang kali mengingatkan untuk mengikuti langkah tertentu agar versi klasiknya bisa dinikmati oleh pengguna Blogger baru. Sebut saja misalnya Pannasmontata dengan rujukan tautan berikut untuk memasang kodenya.

Namun mungkin karena bahasanya mengggunakan bahasa asing, bisa jadi menciutkan nyali untuk mengikutinya. Menyalin kodenya saja butuh ketelitian, apalagi mesti memeras kembali otaknya hanya untuk menyelami makna bahasanya :D.

Untuk itu edittag akan mencoba merumuskan langkahnya ke dalam bahasa yang semoga lebih familiar. Ingat, langkah ini nantinya digunakan untuk pengguna yang masih menggunakan tautan Layout di Dasbornya untuk menyalin dengan kode template versi klasik (atau berganti nama Template di Dasbor nantinya.)

Langkah 1.Klik Layout lalu perhatikan setelah ganti halaman tujulah tautan dengan tulisan Edit HTML.
Disini akan kita temui kode-kode pembangun halaman blogspot. Terukan pandangan ke bagian bawah hingga temukan tautan berikut : revert to classic template.
Bila pilihan ini diklik, akan muncul jendela pesan berbunyi : “if you revert to your classic template, you will be able to recover your current design. Click OK to revert. pilih “OK“.

Langkah 2. Selanjutnya akan muncul Seeting Were Saved Succesfully.. Disinilah bagian kita untuk menyalin kode yang kita terima dari pemberi template gratisan yang masih menggunakan non-xml template. Hapus kode didalamnya, timpa dengan salinan kode yg kita dapat, lalu save template changes.
Akan ditutup dengan Settings were Saved Succesfully.

Langkah terakhir.Klik View Blog.

lalu bagaimana untuk mengembalikan ke Layout, coba dengan masuk ke Editor Template (Dasbor->Template), pilih customize design dan klik Upgrade your template, lalu ikuti petunjuk selanjutnya hingga kita berada di menu pilihan untuk mengambil tampilan Blogger yang baru.
Semoga berhasil.

Catatan penangkapan Google:
– Berada di posisi pertama dengan kata kunci ‘create classic template’ pada tanggal 16 April 2007 di Google Indonesia.
Add to Technorati Favorites

4 pemikiran pada “Blogger : Revert to Classic Template

  1. ih, kok pas banged yak.. pas banged aku lagi ganti templatenya daro Pannasmontata. emang bagus sih templatenya, juga ga ribet kok nyobanya 😉

    Suka

  2. Mas, ko di blog ku tulisannya bukan “revert to classing template” tapi “revert widgets template to default”
    klo kayak gitu gimana tuh?
    thx sebelumnya.. ^_^

    Suka

  3. pro gita : ungkapan revert to classic template itu mengandung perintah untuk mengganti format tampilan blog ke classic, sedang revert widgets template to default adalah mengembalikan widget ke bentuk asalnya. nanti kita akan diskusikan hal ini lebih lanjut.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s