Web : Setting Shoutbox on WordPress

WordPress…tentu penyedia layanan blog ini juga sudah dikenal banyak di kalangan blogger. Ada versi tak berbayarnya hingga kita hanya perlu akun untuk memiliki blog di wordpress.com, ada pula versi engine yang bisa kita install di hostingan milik sendiri.

Tak ada yang menyangkal bila kemudahan navigasi menjadi salah satu penentu pemilihan layanan ini banyak dipakai. Fitur lengkap, pilihan template yang beragam tak pelak menjadikannya banyak pilihan untuk mempercantik blog menjadi semudah harapan.

Bila di blogger versi baru kita mengenal widget untuk memasang layanan dari pihak ke tiga misalnya layanan kotak teriak dari oggix, maka di wordpress kita melihat beberapa bagian dari struktur yang membangun tampilan laman depan terbagi-bagi untuk memudahkan penyuntingan. Dengan begitu untuk menyajikan tampilan laman depan yang berbeda, wordpress tidak menganut satu template untuk keseluruhan laman muka. Jadi untuk mengubah header kita cukup menyuntingnya di template header. Untuk Bangoen yang sedang menyunting wordpressnya, anggap kita ingin memasang shout di wordpress, maka kita bisa masuk ke bagian Sidebar.

Berikut langkah yang perlu diambil.

1. Ambil salinan kode dari Oggix untuk dipasang.
Tentu kita membutuhkannya. Untuk mengambilnya, setelah masuk ke oggix arahkan perhatian ke bagian Install Shoutbox dan masuk ke submenu HTML Code, setel sesuai dengan pilihan yang disukai, lalu salin kode yang muncul dibagian penutup. Kode ini yang akan kita pasang nantinya di bagian Sidebar wordpress.

2. Masuk ke Dashboard Worpress
Cari bagian berikut : lalu masuk ke subpilihan dan tuju bagian kanan bawah yang menampilkan bagian-bagian laman depan yang bisa disunting. Pilih dan pasang kode yang tadi didapat dari Oggix di bagian editornya. Salin dibagian paling bawah agar lebih mudah.

3. Simpan.
Tekan untuk mengakhiri dengan indah 😀

Coba lihat hasilnya. Jadi siapkan dirimu untuk membalas pesan yang masuk.

Catatan penangkapan Google:
– Berada di posisi ke-2 dengan kata kunci ‘shoutbox for wordpress’ di Google Indonesia pada 12 Juni 2007.
Add to Technorati Favorites

11 pemikiran pada “Web : Setting Shoutbox on WordPress

  1. Mas agus … kmrn aku pasang shoutmix di blog wordpress ku. Bisa sih tampil, tapi bbrp lama kemudian gak bisa tampil lagi.
    Rupanya wp gak mau (gak kompatibel) buat javaskrip. CMIIW

    Suka

  2. aslm kang agus,btw mo nanya nih, skrng blogspot ‘nagih’ account google tiap kali aku mau login. ribet juga kalo kudu bwt account google,mana ga bisa lama-lama ngompi pagi ini kudu kerja hehehe. nah, gimana cr ngakalinnya supaya aku bisa login kaya biasanya lagi?
    or emang skrg hukumnya kudu wajip punya account google tiap login???

    Suka

  3. hi dita, skrg semua pengguna blogspot memang diarahkan utk memiliki akun google, skalipun utk login ke blogspot. yakin deh, ga repot bikin akun google itu, karena skarang ga kenal invitasi, jadi bisa langsung bikin sendiri. dan keuntungannya malah banyak bila kita gunakan akun google. baca postingan juga disini ttg kelebihan di blogger yang baru agar bayangan merepotkan ttg akun google bisa buyar…:D
    jadi saran sih, mending ikuti aja prosedurnya. ga rugi.

    Suka

  4. pro khomeinimuj : betul nih, memang bila dimasukan ke wordpress.com postingan ini tak bisa dipraktekan karena wp.com tak mendukung untuk mengedit source code-nya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s