Blogger : Japanese Language in Blogger

Beginilah repotnya memiliki dua bahasa dalam satu komputer. Maksud hati ingin lekas menulis posting di Blogger, apa daya setelan bahasanya merepotkan. Sudah dua kali ini dashboard-ku dipenuhi aksara Jepang dengan berlebihan. Dan anehnya kejadian ini kembali terulang setelah beberapa hari berselang (jelas ini pasti bukan karena ada pengunjung dari daerah Kanagawa, Yokohama hari ini). Itupun mestinya sudah tak lagi ditemui setelah sebelumnya setelan dikembalikan ke Bahasa Inggris yang lebih akrab dimengerti. Perhatikan tampilan berikut :

japanese in dashboard
Ilmu meraba-raba dengan sekedar mengandalkan naluri kembali digunakan. Disebelah tanda + itu pasti tautan untuk menulis postingan baru. Selain ikonnya yang jelas tak diragukan lagi fungsi dan maksud keberadaannya, tautan ini juga yang paling sering diklik saat berada di Dashboard. Jadi untuk keperluan menulis posting baru jelas tak terpengaruh meski dimunculkan dengan bahasa planet sekalipun pada tautannya. Namun bagaimana dengan hal lainnya? jangan-jangan kata-kata verifikasipun berbahasa Jepang? wah jangan sampai kan?

Untuk mereka pengguna komputer yang dilengkapi dengan IME selain Bahasa Inggris, kadang penampilan seperti nampak diatas bisa muncul kapan saja. IME (Input Method Editor) adalah pilihan paket bahasa yang biasa digunakan di lingkungan Windows. Untuk mengakalinya kita bisa menggunakan opsi pilihan bahasa yang ditawarkan oleh pihak penyedianya. Ada 8 bahasa yang bisa dipilih (sekedar informasi, jumlah bahasa yang sama juga dianut oleh penyedia adsense google). Untuk menyetelnya ikuti langkah berikut :

1. Tuju bagian paling bawah pada bagian Dashboard. Temui barisan tautan berikut (contoh dalam Bahasa Jepang):
language optionPerhatikan kata yang berwarna merah. Lalu klik tautan ini.
(Bila tertera bahasa lain karena IME-nya berbeda, klik pada tautan kedua setelah Buzz), atau bisa akses http://www2.blogger.com/language.g.

2. Pilih bahasa yang akan digunakan dibagia ini.
Untuk memudahkan mereka yang terbiasa menggunakan pilihan bahasa inggris, pilih kata English paling atas dan klik pada lingkarang disampingnya, dan akhiri dengan,

3. save setting

Nah kini apapun bisa kita lakukan dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti. Atau malahan ingin tampil beda karena sudah tak mau berbahasa Inggris? silahkan saja.

FYI : Untuk mengetahui bahasa apa saja yang terdapat di komputer, bisa dilihat dengan klik
Settings -> Control Panel -> Keyboard dan lihat submenu Input Locales.

Add to Technorati Favorites

2 pemikiran pada “Blogger : Japanese Language in Blogger

  1. Kebetulan komputer saya juga diset 2 bahasa (English & Japan), awal2 register ke blogger, tampilannya pake bhs jepun demikian juga kl masuk ke web2 tertentu, pasti deh pake bhs Jepun….lama2 ngoprek2 akhirnya ketemu gimana cara pake bhs English.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s