Blogger : How to Migrate to New Blogger

Teringat dengan pesan eka untuk menulis proses perpindahan dari layanan blogger lama ke blogger baru, maka saatnya sungguh tepat untuk menulisnya setelah edittag sudah mencobanya sejak senin lalu.

Tawaran untuk bermigrasi ini bisa kita temukan dibagian dasboard.Berupa teks dengan pesan “Your new version of Blogger is ready”


Tampak tautan Switch to the new version.Berarti manisnya fitur blogger baru untuk dinikmati tinggal selangkah lagi.Tawaran ini tidak berlaku untuk semua pengguna akun blogger lama.Secara acak akan dipilih oleh pihak blogger secara langsung.Sejatinya layanan ini sudah berlaku sejak november lalu, hanya saja terbatas untuk anggota baru atau pemilik akun dengan posting tak seberapa banyak.Jadi bila tawaran ini datang, jangan sungkan untuk mencicipi blogger baru.

Ada beberapa layanan yang hanya ditemui di blogger baru, seperti adanya pengkategorian, sistem edit template dengan sistem drag and drop, lalu ada juga kendali pengunjung yang memungkinkan kita untuk mempublikasikan blog sesuai keinginan sendiri.

Nah bila ingin mendapatkan versi terbarunya, setelah muncul ajakan migrasi tadi, sila di klik untuk berpindah laman berikut :

Langkah 1.Confirm your sign in
Disini kita diminta untuk mengisikan nama pengguna dan kata sandi kita di blogger yang lama.Ini diperlukan untuk mengindetifikasikan alamat URL,posting dan template untuk diproses ke versi baru.Tak perlu khawatir, template, postingan, komentar kita tak berubah setelahnya.

Langkah 2.Switch with Google Account
Disini kita akan ditawari akun goggle, dengan begitu nantinya kita hanya perlu login dengan akun google.Login di blog lama tak diperlukan lagi.Bila sudah memiliki akun google maka kita bisa langsung login.Keunggulannya adalah, bila kita sudah memiliki blog dengan 2 akun-akun blogger dan akun google- maka akun kita akan segera dilebur menjadi satu.Disini profil yang akan berlaku selanjutnya adalah profil yang kita isi dari akun blogger.
Bila belum memiliki akun google, ada tautan untuk memudahkan mendapatkanya disini.
Dengan mengklik button berikuit:

3.Switching to the new blogger
Selesai kita mengisikan akun google, maka laman berikut akan dimunculkan.Berarti proses migrasi kita sedang berlangsung.Tunggu beberapa menit, hingga akan muncul tampilan berikut:

4. Done
Ikuti tautan selanjutnya untuk kembali ke dashboard.

5.Tampilan dashboard yang berbeda.
Proses migrasi telah berhasil.Kita akan mendapati menu-menu yang berbeda di dahboard terkini.Bagi pemilik akun hasil leburan blogger dan google,nama-nama blog kita akan ditampilkan secara runut di bagian ini.Sesuai dengan urutan blog yang paling terahir di update.

Ada baiknya cek kembali template di blog kita sebelumnya, apakah masih sama, bila masih apakah semuanya bisa dibuka dengan baik di versi terbarunya.Hal yang selanjutnya perlu untuk segera dimodifikasi adalah pemberian label pada posting sebelumnya.

Add to Technorati Favorites

7 pemikiran pada “Blogger : How to Migrate to New Blogger

  1. Ooohh gitu to Om..brarti dari dulu saya udah migrasi ke New Blogger donk ya..krn saya sign in nya selalu pake google account…hehehe baru nyadar 😀 kirain masih di old blogger heheh 😀

    Suka

  2. Wah, masih belum brani migrasi nih, padahal udah 2 kali ditawari lho. Apa perlu koneksi internet yang stabil ya (di rumahku suka mendadak lambat). Takut jadi bermasalah nih, trus blognya ga bisa dibuka (kayak blog lamaku…)

    Suka

  3. jangan jangan migrasinya bukan template nih..akun aja…

    untuk migrasi layout, klik aja template, cari layout baru di deket edit HTML. nanti kita disodorin ragam pilihan layout yang baru…
    silakan coba ya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s