Blogger : Custom Domain

Saat mendenger berita ini, edittag sebenernya ingin segera menghubungi salah satu rekan yang mengharapkan untuk segera memiliki web dengan domain milik sendiri untuk menampung artikel-artikel pribadinya.Bila menilik dari domain yang kini dimiliki dan juga blognya, sepertinya keduanya memiliki benang merah yang sama.Nah bila demikian,maka berita gembira dari blogger mestinya juga menyenangkan hatinya.

Mulai Jumat tanggal 5 januari lalu, blogger merilis pemberitaan mengenai adanya layanan custom domain dalam blogger versi barunya.Dengan adanya tambahan fitur ini, maka bagi pemilik akun blogger baru yang ingin mendapati blognya dengan alamat domain milik sendiri, misalnya tentangaku.com (bukan lagi tentangaku.blogspot.com), maka hal yang perlu dilakukannya adalah cukup dengan menggabungkan akun bloggernya dengan domain yang dimiliki.Lalu bagaimana bila ada pengunjung yang masih mencoba mengakses alamat blog lama kita? tak perlu khawatir, blogger akan melakukan redirect ke alamat domain yang baru.

Lalu apa kelebihan dari fitur yang satu ini?
Berikut kutipannya :

  • Kemudahan pengaturan. Tak perlu dipusingkan dengan pengaturan folder dan file.
  • Tak perlu menunggu untuk menguplad melalui penyedia hosting.
  • Drag-and-drop template editing.Cukup gunakan fitur template dari blogger.
  • Access control. Bila perlu, kita bisa batasi pengunjung mana saja yang bisa melongok blog kita.

Tentunya layanan ini sangat cocok untuk mereka yang tak mau ribet dengan hal hosting.Cukup sediakan domain dan kita bisa terus menulis blog tanpa ada batasan.Bila kita memerlukan upload gambar, kita akan tetap bisa menggunakan layanan upload poto dari blogger.Memang memudahkan ya?

Add to Technorati Favorites

16 pemikiran pada “Blogger : Custom Domain

  1. wordpress sudah sejak sekitar 1-2 bulan lalu me-launch menu ini. Biayanya 15$ kalo domain itu blm dimiliki (blm dibeli), sedang jika domain itu sudah ada (sudah dibeli sendiri), biayanya 10$.
    Kalo blogspot gimana Om ttg perduitannya?

    Suka

  2. Ass wr wb kaaaaang makasih ya semua infonya yang sangat bermanfaat sekali jangan bosan dengan pertanyaan saya,aduh jadi mesti gimana ya….telat deh domain itu saya beli looh kang…kang kalau yang itu bayar nggak !!..bingung pisan…kenapa atuh akang teh nggak dari kemaren ngasih tau hehehe…tapi nggak apa-apa, yang ini juga semuanya saya bikin sendiri templatenya dari frontpage, terus imagenya juga nyari sendiri, ya mungkin penguploadannya belum sempurna, masih belajar, terus memang saya udah enak di blog jadi sekarang agak pusing…sekali lagi makasih ya kang

    Suka

  3. halo luthfi ,layanan ini benar-benar tak berbayar alias gratis, simak pesan berikut dr blogger buzz : If you already own a domain named, say, mysite.com and want your blog to be served at that address instead of at a blogspot.com address, we can host your blog on that domain for you โ€” for free
    artinya kita hanya cukup sediakan domain dan tak ada charge dari pihak blogger setelahnya.

    untuk ibu meti, wallaikumsalam wr wb,ini gratis ko…jadi cocok kalo domain ibu mau di redirect ke blog ibu yg memberikan tips ibu dan anak.o ya…niat belajarnya memang luar biasa…lanjutkan saja bu kalo ingin bikin sendiri.

    Suka

  4. assalamualaikum wr wb tadinya mau via email tapi gak nge sent aza, kenapa ya susah kalo via email jadi di commet aza gapapa kan, kang mau tanya nih gimana caranya bikin HTML banner yg muncul di sidebar yg HTMLnya ada didalam kotak gitu yang kaya banner punya akang, soalnya saya udah bikin banner kecil kaya punya akang itu, jadi orang bisa pasang banner kita di blog mereka, ya liat aza deh bannernya di blogku. cuman tinggal pasang kodenya,…makasih ya kang

    Suka

  5. halo bu meti, ttg ini pernah dibahas di http://edittag.blogspot.com/2006/07/blogger-add-banner-code-to-your-blog.html, aku ga nemu banner di blog ibu nih…yg mana ya? bisa kirim by email kalo ga lengkap jawabannya bu

    utk iko; domain tuh misalnya http://www.putriyuriko.com, yaitu alamat URL yg bias akita gunakan utk memanggil alamat web/blog. nah kalo hosting tuh misalnya kalo iko upload gambar itu sudah termasuk hosting, jadi layanan tempat untuk menyimpan file.

    domain ada yg gratis dan bayar.gratis seperti halnya domain .tk yang diberikan oleh salah satu penyedia domain gratis.utk yg berbayar contohnya lebih banyak lagi.

    Suka

  6. ass. wr wb.

    langsung aja ya,

    saya sudah coba pakai custom domain ini, tapi salahnya saya saya nelum punya hostingannya, trus saya mau balikin lagi ke aslinya ko ga bisa, tolong dong mas penjelasannya,
    sebelumnya url saya. http://www.pandegkyen.blogspot.com di ubah menjadi blog.pandegkyen.com

    help me mas, gimana cara mengembalikannya ke asal lagi

    Suka

  7. Kalo aku pake domain forwarding aja, tapi yah mesti beli domain dulu. Memang ada yg domain forwardingnya mahal, ada juga yg dah termasuk harga domainnya. Kalo ada yg mau…aku bisa kasih tau beli di mana yg murah. Domain ama domain forwarding cuma 85ribu setaun. Email ke aku aja nanti aku kasih tau, aku nggak enak kalo posting alamatnya di sini, ntar dikira spamm lagi hehe

    elizku[at]gmail[dot]com

    Suka

  8. pro elizabeth : terima kasih untuk info tawaranya, ayo siapa yang tertarik bisa langsung hubungi lewat alamt email yang ditinggalkan penulisnya.

    Suka

  9. domain .or.id juga bisa, sangat terbuka untuk domain apa saja.
    selama kita sudah punya domain dan tempat hosting, silakan menuju pengaturan-> publikasikan->klik Custom domain, arahkan ke alamat domain dengan mengisikan ftp hostingan kita.
    semoga berhasil ya…

    Suka

  10. Mas Hery,
    Kalau ketik FTP itu kan untuk sekalian pindah hosting. Saya cuman pointing domain.or.id ke blogspot.com saja. Tapi hosting tidak pindah dari blogger.com.

    Bagaimana DNS yang diganti dengan ghs.google.com seperti pada petunjuk help, apa itu harus menghubungi ISP?

    Suka

  11. gimana neh mas .. udah kadung bayar di gugel, tapi masak harus pake templetenya gugel yang la akadarnya itu .. gimana sih biar bisa ganti tampilannya semau kita ๐Ÿ™‚

    Suka

  12. mas, kalo kita pake domain, itu kita harus daftar google lagi, atau otomatis langsung ke redirect ke alamat yang baru??

    lalu bagaimana dengan rankingnya??

    “thx ya mas”

    Suka

  13. pro yani pitono, sebenernya hubungi pihak hostingnya mas, bukan ke ISP, karena perubahan DNS ini diperlukan untuk pointing domain or.id-nya.
    jadi silakan hubungi admin hosting atau pembelian domainnya bila mengarahkan dns ini masih berkendala.

    pro ardyanstyle : coba gunakan edit HTML dalam layoutnya, ini dipake untuk mem-paste kode yang didapat dari pemberi kulit/layout gratis. jadi sebenernya langkahnya sama dengan pemakai blogger gratisnya.

    pro poetdjaythievan : daftarkan ke google untuk add url maksudnya? ya, tentu….karena ranking bisa berganti bila kita gunakan domain baru.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s