HTML : Please Insert Message

Tentu menyebalkan menemukan banyak spam yang masuk ke shoutbox tanpa disadari.Bukan saja karena pesan yang tanpa jelas yang masuk dan membuat penuh kotak teriak ini, namun juga membuat kita mesti menyiapkan energi tambahan untuk melenyapkannya.Bukan pemandangan yang indah tentunya bila pesan-pesan tersebut diselipi dengan iklan obat-obatan misalnya, namun juga kadang ajakan untuk bergabung dengan program yang tak jelas manfaatnya.

Bagi pengguna layanan Oggix pasti sudah paham dengan upaya anti-spamnya.Namun bila kita perhatikan memang saat ini banyak juga yang memodifikasi spamnya mengikuti layanan yang tersedia.Bila kita bicarakan mengenai layanan Oggix kita bisa dengan mudah mengetahui bahwa alamat URL lengkap dengan http://-nya akan dengan sera merta dianggap sebagai spam bila kita isikan dibagian pesan.Dan dengan itu pula maka pesanpun tak akan tersimpan dengan sendirinya.Salah satu cara yang terbilang aman saat ini, hingga….

Tadi malam kotak teriak edittag juga dihujani rentetan pesan yang bisa dianggap spam.Salah satu trik yang digunakan adalah dengan mengisi kolom Nama dan Web URL dan membiarkan kolom Message tak terisi.Terhitung lebih sopan memang, namun justru kekosongan pesan itu yang sangat menggangu.Akan lebih mudah kita mendefinisikan bila pesan tersebut adalah spam bila menyuarakan iklan atau pesan sponsor lainnya.Pengunjungpun tak perlu ragu untuk menghiraukannya, namun bila tidak? jelas menggangu..

Untuk itu kita bisa menggunakan trik javascript yang memvalidasi kolom tertentu harus terisi, artinya bila kosong maka pesan tidak akan diproses.Berikut langkah pemasangan dan kodenya :

1.Pasang kode berikut diatas </HEAD>
<script language=”JavaScript” type=”text/javascript”>
function checkform ( form )
{
if (form.comment.value == “”) {
alert( “Maaf banget teman, pesan tetep harus kudu diisi” );
form.comment.focus();
return false ;
}

return true ;
}
</script>

2. Salin kode berikut :
onsubmit=”return checkform(this);”

dan gabungkan dengan form yang ada pada Oggix, yakni cari bagian <form name=”shoutsmileysFrame” blablabla..

Untuk lebih jelasnya bisa diandaikan contoh berikut :

Kode asal dari Oggix yang memuat kode <form name=”shoutsmileysFrame” :
<form name=”shoutsmileysFrame” id=”shou” method=”post” action=”http://www.oggix.com/shout/post/&#8221; target=”shout”>

Hingga setelah dimodifikasi menjadi :

<form name=”shoutsmileysFrame” id=”shou” method=”post” action=”http://www.oggix.com/shout/post/&#8221; target=”shout” onsubmit=”return checkform(this);”>

Setelah itu simpan, dan berikan percobaan.

Dengan ini semoga relatif lebih mempersulit spam yang masuk.
Add to Technorati Favorites

3 pemikiran pada “HTML : Please Insert Message

  1. Pak Agus, kegiatan family outing bukan kegiatan rutin. Kl kegiatan rutinnya diadakan setiap hari sabtu, biasanya lokasinya di daerah Dago / Ciburial. Dlm kegiatan tsb anak dilepas dari ortu, hanya didampingi o/ pembimbing dari Biro Psikologi.Kl Pak Agus berminat, nanti saya tanyakan informasi yg lbh lengkap ke adik saya 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s