Blogger : Category Management for Blogger Beta

Salah satu isu utama dirilisnya versi Beta dari Blogger adalah diterapkannya manajemen pelabelan entri.Atau bisa pula disebut dengan managemen kategori.Dengan dipasangnya fitur ini maka pemilik akun blogspot dapat dengan mudah mencantumkan nama kategori disetiap entrinya.Lebih jauh keunggulan ini membuat pengunjung lebih mudah untuk menyelami entri dengan kategori yang sejenis.

Beberapa template bawaan blogspot tidak mencantumkannya secara default dihalaman depan.Sepertinya ini hanya salah satu opsi yang oleh pihak developer dikembalikan kepada kepentingan pemilik blog.Kategori bisa kita akali untuk ditampilkan atau disembunyikan.

Berikut langkah untuk memasang kategori di blogger versi Beta.

Langkah 1.Pasanglah nama kategori pada entri yang kita miliki.
Pada saat kita berada di editor untuk menulis entri, maka kita akan menemukan embel-embel nama label/kategori dibawahnya.Isikan dengan nama kategori yang kita kehendaki.Kita bisa memiliki beragam nama kategori.Bahkan satu entripun bisa memiliki lebih dari satu nama kategori.

Bagi mereka yang berstatus pindahan dari versi klasik, atau juga belum sempat memberikan nama kategori pada entri yang sudah ada, maka bisa lakukan cara berikut :
Masuk ke bagian Dashboard, pilih tab manage post, lalu disana kita akan disodorkan beberapa entri dengan pilihan nama kategori diatasnya.Ini seperti layaknya tampilan gmail saat kita berada di inbox dan kita ingin memberikan label bintang didalamnya.Sangat akrab terutama bagi yang sering menggunakannya.Bila tidak, kita pun masih bisa mencoba memberikan nama kategori dengan cara menyeleksi entri yang akan dikelompokan, lalu klik New Label…dan selanjutnya.Berikut tampilannya :

Langkah 2.Masuk kebagian Template,lalu masuk ke sub menu page elements,dan pilih add page elements(Versi beta menyertakan fitur ini sebagai salah satu cara untuk lebih mendekatkan diri dengan pengguna yang kurang memiliki kemampuan teknis HTML dasar.Namun bagi kita ini juga sangat memudahkan untuk membuat navigasi yang lebih cepat).Setelah itu cari di kolom bagian kanan yang menyebut Labels.Klik tombol ADD TO BLOG.

Langkah 3.Berilah nama untuk memudahkan pengunjung melihat daftar kategori yang ada pada halaman muka blogspot.

Dimunculkan dibagian sidebar, karenanya perlu diberikan nama menu yang akan menjadi seksinya.Nama ini sangat fleksibel hingga bisa kita ganti lain kali bila diperlukan.

Selamat menjadi pengelola perpustakaan blog pribadi 🙂

Entri terkait :
Labels Management for Blogger in Beta

Hasil penangkapan Google :
– Berada di posisi ke-4 pada tanggal 14 April 2007 dengan kata kunci ‘blogspot beta templates’ di Google Indonesia.
– Berada di posisi ke-1 pada tanggal 25 April 2007 dengan kata kunci ‘pasang label pada blogspot’ di Google Indonesia.
– Berada di posisi ke-1 pada tanggal 25 April 2007 dengan kata kunci ‘widget categories for blogger classic’ di Google Indonesia.

18 pemikiran pada “Blogger : Category Management for Blogger Beta

  1. Kang, sdh coba & berhasil tetapi template yg lama harus migrasi dulu ke versi beta !. Nah disini ada ganjalan menghadang, karena aku pingin template/design & pernak perniknya di template yg lama tdk berubah!. Abah malas ngutak-ngatik lagi di template yg baru maklum geus kolot & bolot.he.hee.. Any others way around ?

    Suka

  2. nah itu dia…sayang bgt..keunggulan beta ada di label…sedangkan kode tadi utk edit di template beta dengan kondisi widget kayaknya kalo revert ke versi klasik malah repot tuh…kayaknya perlu tugas khusus yg lebih rumit lagi…yaitu mengedit template klasik ke beta..malah lebih rumit lagi tuh bah…:)

    Suka

  3. mas heri aku terlanjur mencet link ini sehingga widgets nya ilang n model edit template nya balik ke blogger yang kayak dulu

    Revert widget templates to default

    * Revert to Classic Template
    * View Classic Template

    gimana ya cara pasang labels nya di side bar/ balik ke widgets lagi…thx

    Suka

  4. sebenernya cara yang bisa dilakukan adalah kembali memasang template yg baru,dari situ nanti kita bisa upgrade template ke versi beta.dan widgetpun bisa kembali ditemukan.
    moga berhasil

    Suka

  5. hi mas, aku udah coba ikutin cara yg mas sebut diatas, terima kasih banyak :)sudah berhasil, cuma ada salah satu kategori yg kurang pas, jadi aku mau menghapus kategori tersebut, caranya gimana ya mas

    Suka

  6. untuk menghapus kategori, masuk ke daftar postingan, lalu klik salah satu postingan yang berlabel, klik Aksi Label, dna pilih Hapus Label.

    Suka

  7. Wah makasih ya sukses nih percobaannya…oiya saya boleh pinjem gambarnya ga? tentu akan saya link-in ke blog edittag favorit saya ini…makasih ya…

    Suka

  8. Mas editag: gimana caranya memposting label dalam category yang berbeda. aku masih bingung mecari pilihan category labelnya.thank

    misal:

    berita (lable 1)
    top berita

    Program (lable 2)
    firefox

    Suka

  9. memposting label dalam category yang berbeda? label adalah istilah untuk kategori di blogger, jadi bila yang dimaksud adalah sub-kategori maaf sampai saat ini belum tersedia di blogger.com, namun bila yang dimaksud adalah satu postingan memiliki 2 label/kategori, baru memungkinkan.

    Suka

  10. aku kira karena last post dan last comment itu bukan hal yang sifatnya statistik alias akan selalu sama, knapa ga dipasang manual saja, kan dah ketahuan isinya 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s