Blogger : Random Header on Beta Version

Sepertinya penyusunan template di blogger versi beta masih menyisakan banyak pertanyaan untuk penggunanya.Sedikit info atau kurangnya pemberitaan mengenai ini bisa jadi beberapa alasan.Tak heran banyak isu yang berkembang hingga mengukuhkan persepsi blogger versi beta sangat sulit untuk menerima template dari pihak ketiga.

Awalnya memang setelah kita merujuk kesalah satu template bawaan dari blogger versi beta maka kita akan menemui banyak sekali perbedaan kode di dalamnya.Biasanya diawali dengan kode seperti berikut :

<?xml version=”1.0″ encoding=”UTF-8″ ?>

bandingkan dengan kode bawaan blogger versi pendahulunya :

<!DOCTYPE html PUBLIC “-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN” “http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd”&gt;

Ada bahasa yang berbeda diantara keduanya.

Ada alasan dibalik perbedaan ini.Versi beta sangat merangkul pengguna yang memiliki keterbatasan teknik HTML.Bisa kita lihat dari adanya pilihan drag and drop didalamnya.Namun perbedaan perilaku blogger versi sebelumnya yang langsung menampilkan kode HTML membuat pengguna beta sedikit “berkeringat” untuk sekedar mengganti template dengan template yang dipakai sebelumnya.

Untuk itu kita mesti mengubah tempilan fitur template dengan memilih tab Template dan klik pada sub-tab Edit HTML.Dari sini kita bisa memulai menyunting template laiknya di versi blogger pendahulunya.

Keterangan ini sekaligus menjawab keluhan mengenai pemasangan shout yang tidak bisa didukung versi beta, atau juga pemasangan random header yang tak berlaku semanjak migrasi ke versi beta.Untuk itu trik diatas bisa dicoba sebelum penyuntingan.

Khusus mengenai random header yang ditanyakan rekan edi, edittag telah mencoba memasangnya di versi beta di alamat betapakai.

Caranya adalah:
Login ke blogger, lalu coba view blog, maka dihalaman muka akan muncul tautan customize lalu pilih edit HTML.Perhatikan untuk tidak melakukan penyuntingan dibagian editor yang menyertakan kode seperti <?xml version=”1.0″ encoding=”UTF-8″ ?>
Namun pilihlah Revert to Classic Template.Dari sana kita bisa mengisikan kode yang ada diantara <div id=”header”>dan </div>
Hasil lebih jauh bisa dicek di betapakai.

Berita terkait :
How can I use the new Blogger Layouts features?
Can I edit the HTML of my blog’s layout?

Catatan penangkapan Google:
– Berada di posisi pertama dengan kata kunci ‘random header for blogger’ pada tanggal 17 April 2007 di Google Spanyol.

3 pemikiran pada “Blogger : Random Header on Beta Version

  1. kang, mau nanya. header untuk blogspot ga ngedukung gif ya? atau animasi lain? kok saya ga bisa masukin gambar saya ya??

    seh, iya, salam kenal juga ya 🙂 materi blognya keren2 euy 😀

    Suka

  2. Untuk header di blogspot file gambar dengan ekstensi gif tidak menjadi masalah.
    Lebih baik kita upload file gambar yang akan menjadi header langsung ke blogspot, nanti kita bisa lihat disana ada banyak ekstensi file gambar yang bisa diterima.
    File animasi yang pernah dicoba untuk dipasang di header adalah gif animation dan flash animation.Keduanya juga tidak menunjukkan masalah saat dijadikan header di blogspot.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s