Web : Haloscan anyone?

Haloscan dikenal sebagai salah satu layanan pengaturan komentar yang banyak digunakan pemilik blog.Kemampuan teknisnya sangat didukung oleh pelayan penyedia blog terkemuka.Karena kelebihan ini banyak yang rela menukar layanan komentar yang telah disediakan dengan mencoba menggunakan layanan ini.

Lalu apakah pantas untuk dilirik dan kemudian dipasang di blogspot kita?

Ada baiknya kita melihat kelebihan dari Haloscan untuk memudahkan menjawab pertanyaan ini.Haloscan mengaku memiliki kemampuan untuk memilah komentar yang masuk agar lebih mudak dikontrol- komentar mana saja yang dikehendaki- pemilik blognya.Hal ini tentu sangat umum dan bukan hal yang asing untuk pengguna Blogspot karena fitur komentar juga telah dipersenjatai dengan kemampuan ini.Lalu ada pula kelebihan Haloscan yang lain, yakni layanan menyusur ulang (trackback) entri yang ada di blog kita.Dengan kemampuan ini sang pemilik blog senantiasa dalam keadaan terkini untuk menyimak siapa saja yang melaukan tautan terhadap entri tersebut.Sejatinya ini juga yang digunakan oleh blogspot dengan Links to This Post.Tak banyak yang berbeda bukan?

Namun dari sekian yang tersebut diatas nampaknya pengguna Haloscan akan lebih banyak membutuhkan waktu untuk melakukan pengecekan komentar yang telah masuk.Karena semua dilakukan dalam Dashboard yang hanya bisa dilakukan setelah proses login ke Haloscan dilakukan.Ini tentunya bisa dikurangi hanya bila kita menilik kemampuan blogspot yang ada.Blogspot bisa melakukan pengaturan komentar yang masuk dan juga melakukan konfirmasi melalui email kepada pemilik blog setiap kali ada komentar baru yang masuk.Hanya perlu seting di bagian dashboard blogspot.

Lalu bagaimana dengan segi keamanan merujuk pada banyaknya komentar spam yang masuk di blogspot kita? Haloscan memang melampirkan gambar dibagian bawah komentar yang akan dikirim sebagai verifikasi kata.Ini biasanya untuk meyakinkan bahwa komentar yang masuk bukan berasal dari mesin atau robot namun benar-benar ketikan manual dari manusia.Apakah hal ini juga diadakan oleh blogspot? Tentu.Kita hanya perlu waktu sebentar untuk mengaktifkan fitur ini di setingan Dashboard kita.

Hanya yang perlu dicatat bila kita gunakan layanan Haloscan adalah semua komentar yang masuk ke blogspot kita akan dimatikan.Bukan hanya komentar yang nanti akan masuk, namun juga komentar yang telah masuk di entri sebelumnya.Ini juga menjawab pertanyaan beberapa rekan yang mengaku kehilangan beberapa komentar rekannya setelah migrasi ke layanan Heloscan.Sebenernya komentar tersebut tidak hilang, karena statusnya hanya digantikan.Jadi bila sudah menggunakan layanan Haloscan namun ingin mengintip komentar pada blogspot, kita bisa meniadakan kode yang diberikan Haloscan agar blog kita kembali membaca komentar dari Blogspot.

Ada hal yang tak kalah penting untuk disimak bagi pengguna Haloscan di blogspotnya yang telah ditambahkan tampilan bagian komentar terkini (recent comment).Bila layanan dari Haloscan ditambahkan maka bagian ini akan mengalami kerusakan.Seperti tampak dibawah ini :


Padahal sebelumnya tampilan ini tampak normal tanpa layanan Heloscan(seperti tampak dibagian bawah ini).

Untuk itu ada baiknya untuk meniadakan kode ini, dan segera beralih dengan kode yang diberikan Heloscan untuk menampilkan bagian yang serupa.

Heloscan juga menyisakan satu layanan yang memudahkan pengguna blogspot untuk berpindah dengan cepat.Yakni Autoinstall.Dengan ini kita tak perlu berpayah-payah melakukan penyulihan kode di template.Bila autoinstall ini berhasil kita akan menemui pesan seperti :
commenting and trackback have been added to this blog.
Caranya : login ke haloscan, masuk ke dashboard, dan klik menu Install, :

Jadi, pilihan kembali ke pengguna blogspot.Selalu hal yang mudah bila ada banyak pilihan tentunya kan?

7 pemikiran pada “Web : Haloscan anyone?

  1. Aku pernah memakai Haloscan dan memilih Autiinstall, apa yang terjadi? Oleh blogspot dianggap telah ada spam yang dikirim ke blog ku. Haduh jadibersusah payah deh meyakinkan blogspot bahwa itu bukan spam 😦

    Suka

  2. Gak jauh beda dgn fasilitas dr Blogger sndr,… tp kalo mau variasi yg lain,… boleh jg dicoba menu lain :D…

    Kalo gak salah di HaloSan, kita bisa me-reply komentar secara langsung,… sprt di Oggix, bener gak???

    Suka

  3. makasih bgd mas postingannya.. ternyata pake layanan di blogger dah cukup aman juga kok..

    trus..misal ada yg komen di postingan kita & kita mo berkunjung balik ke blog nya dia dengan klik langsung di nama nya, tapi tanpa kita harus liat dulu profile nya gimana sih mas?

    jadi kl kita klik tuh udah langsung blog address nya… hehe..maap yak kepanjangan….:D

    Suka

  4. pro iko:utk reply langsung di haloscan aku cari2 menunya di dashboard haloscan ndak ketemu juga…mungkin utk versi upgradenya?

    pro neli:kalo utk itu kita minta kesediaan sang pengisi komentar utk menggunakan mode choose an identity-nya menggunakan other, hingga dia bisa meninggalkan jejak blognya dibawah namanya…knapa secara default menggunakan blogger account agar sang penitip komentar lebih mudah divalidasikan, bukan sekedar org yang mengaku pemilik blog tertentu….

    Suka

  5. lg ngabisin baca arsip edittag nih mas agus..keren..

    » pyuriko:
    di haloscan yg skrg lg saya pake, komennya bs diedit, termasuk mis. taut pemilik komentar yg salah ketik..
    kayak di wp.com jg..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s