Web : Blog or Web? Q and A.

Pagi ini edittag menerima email dari seorang yang baru memulai memiliki dan menulis blog.

Berikut daftar pertanyaannya :

T : Bikin Blog bisa dalam keadaan offline ga?seperti bikin web?
J : Bikin blog bila dimaksudkan memiliki engine blog tentu bisa dilakukan secara offline.Ini biasanya dilakukan di PC yang mendapat dukungan server internal, seperti IIS maupun PHPTriad.Selanjutnya kita perlu melakukan pemasangan engine blog seperti WordPress ataupun program CMS (Content Management System) lainnya menuju database internal.Dan blog ini nantinya hanya bisa diakses di komputer / jaringan lokal.Namun bila bikin blog berarti mendapatkan akun blog artinya kita memerlukan koneksi internet alias online untuk melakukan pendaftaran.

Bikin blog pun bisa berarti menulis blog.Bila ini yang dimaksud, maka blog bisa kita tulis dalam kondisi offline.Hanya saja bila blog kita akan dipublikasikan maka kita perlu mempublikasinya dengan cara mengupload atau menyalinnya ke engine blog.

T.Susah mana bikin web atau blog?
J:Saat ini sepertinya sangat mudah untuk membuat blog atau web.Keduanya banyak ditawarkan secara praktis baik dari segi dukungan maupun teknis dan kita pun tak perlu merogoh kocek.Bandingkan dengan awal-awal tahun 2000-an yang sangat minim dukungan.

T: Saya punya akun di geocities, yang menjadi pertanyaan mengapa saat dipublish laman web hanya memunculkan text, padahal saya pasang gambar plus background, plus music background.
J: Pemunculan file gambar atau multimedia lainnya sangat tergantung pada pengalamatan file.Bisa saja kita yakin tampilan gambarnya muncul saat di buka di komputer lokal, namun harus dimengerti bahwa file gambar tersebut berada di komputer lokal.Artinya bila kita ingin gambar yang dimaksud juga bisa dimunculkan di internet maka pertama yang perlu kita lakukan adalah menguploadnya.Kemudian kita perlu mendapatkan alamat URL file gambar tersebut.Alamat URL ini nantinya akan kita pasang di laman web.

Jadi bila kita mendapatkan alamat gambar kita di lokal seperti //My Documents/web/gambar/header.gif, maka pada saat dipublikasikan kita perlu menggantinya dengan alamat URL yang kita dapatkan saat kita menguploadnya di tempat hosting, menjadi seperti http://hostingku.net/images/header.gif.

T: Bila memang perlu HTML untuk membuat web, dimana saya bisa belajar bikin web yang mudah tanpa pengetahuan HTML?
J:Googlepages.
Bila dibandingkan dengan geocities memang googlepages sangat cocok untuk mereka yang minim pengetahuan HTML.Permasalahan gambar seperti kasus diatas tidak kita temui di googlepages.Ada dukungan editor yang sangat membantu di dalamnya.

Untuk keterangan bisa coba baca kilasan googlepages di blog ini.

3 pemikiran pada “Web : Blog or Web? Q and A.

  1. selain Googlepages,… ada yg lain, utk basic HTML???

    Oh yaaa,… Marhaban Yaa Ramadhan, Mohon Maaf Lahir & Bathin,… kali aja Iko ada kesalahan yg disengaja/ tdk …. mohon dimaafkan 🙂

    Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan…

    Suka

  2. AWW,
    Kebetulan sedang menyusun skripsi yang berhubungan dengan blog. sifatnya cuma analisis sih, kemarin bimbingan Dosennya minta hal yang lagi.
    Question :
    1. Standar apa yang membedakan sebuah blog dengan website biasa
    2. Misal kalo engine WP dipakai untuk bikin sebuah e-learning apa bisa??
    3. sebenernya banyak perntanyaan lain sih.. hehe..tapi yang terakhir .. boleh nanya-nanya lagi tentang blog gak nantinya?? *konsultasi * hehehe ..
    tengkyu ..

    WWW.

    Suka

  3. 1. dari beberapa sumber maka sebuah web bisa dikategorikan sebagai blog adalah : ditulis secara kronologis,selalu di update, dimunculkan berdasarkan waktu secara terbalik (entri terahir yang dimunculkan diatas entri tanggal sebelumnya), dan lebih personal.

    2. tentu sangat memungkinkan.bahkan kemampuan wp yang bisa diinstal secara jaringan intranet sering dimanfaatkan oleh siswa dalam sebuah kelas.

    3. silahkan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s