WEB : Feed Reader with Google Reader

Pindahkan postingan ini ke mode cetak.

Beginilah asyiknya bisa melihat postingan terbaru milik teman yang sering kita datangi tanpa perlu mampir terlebih dahulu.Dengan tool Feed Reader maka dengan gampang kita bisa mendeteksi setiap postingan terupdate blog lainnya dalam blog kita sendiri.

Saat ini banyak sekali blog yang menggabungkan tool ini di blognya.Dengan harapan agar keasyikan membaca blog menjadi lebih praktis.Ada juga yang menggunakannya untuk mendapatkan referensi atas blog yang memiliki ketertarikan atau pembahasan yang sama dengan blog kita.Hasilnya postingan blog kita tentu akan lebih kuat dan valid.

Untuk itu kita hanya perlu mendaftarkan ke salah satu penyedia feed reader gratisan, macam feedostyle dan rapidfeeds.Namun ada baiknya pula bagi pengguna blogger yang sudah memiliki akun di google, kita gunakan salah satu afiliasinya yakni google reader.Sekali lagi kita disadarkan begitu banyak kemudahan bila kita memiliki akun di google.Seperti halnya memiliki satu kunci untuk beragam pintu yang disediakan.Tapi ini jelas-jelas bukan untuk mengajak semuanya buru-buru mendapatkan akun google loh ya….

Untuk itu bagi pemilik akun google kita bisa segera membuka google reader di http://www.google.com/reader/.Setelah login pertama kali yang perlu diisikan adalah alamat feed dari blog yang akan kita serap judul postingannya.

Tak perlu takut bila tak mengetahui alamat feednya, karena menggunakan alamat URL pun akan dimengerti.Setelah blognya kita dapatkan, maka bisa kita tekanuntuk subcribe ke blognya.Setelah itu kita bisa pilih tautan Return to your reading list.Bila kita ingin secara mentah-mentah memunculkan semua postingan terbaru dari blog yang baru saja kita subscribe ke dalam feed reader yang akan kita share di blog, maka kita perlu mencari submenu edit subscriptions di bagian dan kita edit blog tadi dengan menambahkan label .Nantinya kita juga bisa menggabungkan blog lain (bila ada) dengan nama label yang sama.Setelah selesai kita bisa kembali ke depan dengan mengeklik Back to Google Reader.Dan temukan tautan .Bila melihat bagian ini di halaman selanjutnya artinya tinggal selangkah lagi.Kita tentukan dengan cara memilih salah satu opsi label yang akan kita share dan di bagian kanan akan kita temukan dan tekan tombol get code now maka kita akan mendapatkan beberapa kode yang perlu kita pasang di template blogger kita.

Untuk lihat hasil jadinya, bisa dilihat di sidebar blog ini diatas tulisan Read in Google Reader.Sebagai tambahannya, tampilan di google reader ini jauh lebih mudah di seting dan juga tampak lebih baik bila dibanding tampilan feed reader yang kedua diatas disebut diawal.Tanpa perlu marquee atau javascript yang berlebihan.

sekarang…kita bisa melongok postingan temen kita di blog kita.Asyik kan?

8 pemikiran pada “WEB : Feed Reader with Google Reader

  1. Kalo aku lebih suka pake Bloglines, karena mereka menyediakan software untuk mendeteksi Feed yang kita pantau. Jadi kalo teman dalam daftar list kita mengupdate blognya, kita langsung dikasih peringatan sama Bloglines šŸ™‚

    Blog ini baru saja aku masukkan dalam list ku. šŸ™‚ Insya Allah di postingnya mendatang akan jadi yang pertama hehehe…

    Suka

  2. buat dittadara..iya…punya ga akun di gmail?

    buat qzoners…pake software tambahan? bagus juga buat yg haus baca feed lain…ok thx infonya

    Suka

  3. thanks ya bos…

    kira-kira ini ke crawl ndak ama google search…

    ini bukannya kayak fitur punya feedburner.. dan ekstensi nya ==script== kira-kira masuk ke search enginer ndak??

    Suka

  4. kalo bicara soal kemungkinan sih bisa saja, hanya karena tampilannya yg kecil dan selalu berganti, maka kemungkinannya memang lebih kecil dibanding dengan entri di blog langsung misalnya….

    betul, ini spt feedburner….hanya saja ini cocok untuk pemilik akun Google…jadi serba sekaligus bisa digunakan…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s