Blogger : Get Add Image Panel Back

Seperti layaknya menulis email, saat kita menulis postingan di Blogger kita akan menemui panel untuk memformat bentuk tulisan, warna maupun jenis huruf yang akan digunakan.Panel ini akan kita temui baik pada mode Edit HTML maupun Compose.Hanya saja dibandingkan dengan kemampuan yang sama bila kita dapati di layanan email, baik yahoo maupun gmail, Blogger lebih dilengkapi dengan kemampuan memunculkan gambar.Diwakili dengan ikon kotak biru.Keberadaan gambar juga diberi pilihan untuk mengupload sendiri dari komputer kita, maupun mengambil gambar dari alamat web lain melalui pengalamatan alamat URL.Bahkan kita diberi keleluasaan untuk melayout penempatan gambar juga ukuran gambar yang akan ditampilkan, baik small,medium maupun large.

Ada saatnya pula pengguna Blogger kehilangan keberadaan icon Add Image ini.Seperti yang terjadi pada budi.Untuk melengkapi artikel menu masaknya, pastilah keberadaan gambar dari hasil olahannya akan sangat mendukung.Bahkan tak berlebihan pula bila keberadaannya menjadi ornamen wajib guna memperkuat kesan hasil olahannya.Pasti mata kita akan lebih terbantu membayangkan lezatnya sebuah masakan dari gambarnya kan?

Namun sayangnya saat dibutuhkan, panel Add Image ini justru menghilang.Ini bukanlah pemandangan yang aneh.Ini juga bukan hasil setingan yang keliru dalam Blogger kita.Blogger secara default akan memasang panel ini kapanpun dan dimanapun saat kita berada di menu create post.Bahkan merunut pada pernyataan wbloggar fitur Add Image ini telah ditambahkan di Blogger pada Release v3.00.0132 tanggal 02/11/2002 (Version 3.00) sedangkan Blogger saat postingan ini ditulis adalah Version 4.00.Ini artinya selama kurun waktu tersebut fitur ini telah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.Dan bilapun mendapati bug akan ketiadaannya maka jelas Blogger akan segera memperbaiki di versi terbarunya.

Lalu mengapa hal ini bisa terjadi? Sebenarnya ini hanya ditemukan saat kita mengakses Blogger dengan kondisi koneksi internet yang terbatas (untuk tidak menyebut lelet).Memang diperlukan waktu yang lebih lama untuk menampilkan panel ini.Ini lebih berhubungan dengan kemampuan teknis yang digunakan.Blogger sendiri menggunakan teknologi javascript untuk mempermudah menampilkan panel ini.Jadi jangan segera menuduh ada yang salah dengan setingan Blogger kita.

Kiatnya? kita bisa merefreshnya berulang kali, atau bisa pula mengunakan bantuan tombol Esc dan F5.Artinya saat browser kita belum memunculkan fitur ini segera kita tekan Esc lalu refresh dengan menekan tombol F5.Berulang-ulang bila perlu.Bila masih gagal kita bisa menutup window browser dan mencoba membukanya sekali lagi.Masih gagal pula? ada baiknya segera menanyakan kepada admin penyedia akses internet kita.Saya pun pernah menemui ketidakberuntunganl ini saat mengakses Blogger dari sebuah warnet dengan koneksi yang lebih lambat dibandingkan koneksi di kantor.

Semoga bermanfaat.

Satu pemikiran pada “Blogger : Get Add Image Panel Back

  1. Terimakasih, membaca postingan ini saya jadi ngga panik lagi saat icon add image menghilang. Dasar gatek ya mas? jadi malu nih………….

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s