WEB : Japanese I-mode HTML versi 5

Menyambung kedatangan tamu dari Jepang, kali ini ada pekerjaan yang selanjutnya menunggu.Membuat beberapa file HTML berdasarkan aturan yang dikeluarkan pihak docomo untuk lay out HTML versi 5 di browser I-mode.

Beberapa tag dasar HTML masih mudah ditemukan disini.Beberapa diantaranya malah terbatas untuk versi tertentu, semisal TABLE dan aksesorisnya.Namun hanya untuk versi 7 keatas,untuk versi rendahnya kita hanya perlu mengerjakan file HTML dengan editor yang sangat sederhana.Menggunakan notepad pun mestinya bukan halangan.Namun ada yang lebih baik dan juga disediakan untuk ini, yakni Maruo.Seperti yang saat ini aku instal, versi 5.15.

Layaknya editor berbasis text, editor ini juga menggunakan tampilan warna-warna yang berbeda sesuai dengan jenis tag maupun variabelnya.Namun yang perlu diuji dan dicermati yakni pemilihan tag dan kemampuannya yang sangat mendukung.Editor ini mampu membaca tag khusus seperti Emoji yang digunakan sebagai penanda khusus.Yakni semacam icon yang bisa berbentuk gambar namun dengan basis teks.

Dari kemampuan browsernya, karena menyajikan teks berbahasa Jepang, maka ada beberapa jenis huruf yang didukung, hiragana, katakana, dan satu lagi hankaku katakana.Apa ini? Berdasarkan informasi, ini varian dari katakana yang memiliki kemampuan menyajikan text dalam ukuran 1 byte.Ini tentu lebih unggul dibanding katakana yang menyajikan 2 byte.

イシイ = 2byte = katakana
イシイ = 1byte = hankaku katakana.

Aturan ini juga memaksa properti dalam tag form juga mengalami penambahan.
Yakni ;

mode=”[hiragana,hantaku katakana]”
istyle=”[1“(2byte hiragana and kanji and katakana),”2“(1byte hiragana and kanji and katakana),”3“(1byte arphabet),dan “4“(1byte numeric)”.

Ini memiliki pengaruh yang signifikan dalam menyajikan sebuah kolom untuk password.Kita menggunakan type=”password” dalam HTML versi PC, namun untuk versi I-mode kita gunakan mode=”alphabet”.

Kolom untuk pengisian kodepos juga berbeda.Mereka membutuhkan 7 karakter untuk pengisian form dalam kategori kodepos.Beda dengan kita yang hanya 5.

Hal lain yang perlu juga diperhatikan untuk HTML versi ini adalah penulisan hexadesimal untuk warna menggunakan huruf kecil.Pemanggilan gambar dalam HTML juga tidak membutuhkan atribut semisal width height border.Background warna hanya berlaku untuk HR dan juga background div marquee.Marquee masih menjadi kekuatan utama untuk menyampaikan text bergerak.Banyak yang perlu dipelajari ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s